Ini 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada Tahun 2021

Kompas.com - 25/02/2021, 20:05 WIB
Pendaftar seleksi mandiri pendidikan vokasi Universitas Brawijaya (UB) saat mengikuti tes seleksi. Dok Humas UBPendaftar seleksi mandiri pendidikan vokasi Universitas Brawijaya (UB) saat mengikuti tes seleksi.

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk mahasiswa baru resmi ditutup pada Rabu, (24/2/2021).

Jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri tidak hanya SNMPTN.

Koordinator Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2021, Ismaini Zain, mengatakan, pada 2021, ada tiga jalur seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Tiga jalur itu adalah SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi Mandiri.

"Terdapat tiga jalur seleksi yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi Mandiri," ujar Ismaini saat dihubungi Kompas.com, Kamis, (25/2/2021).

Ketiga jalur ini mempunyai kuota masing-masing. Kuota SNMPTN minimum 20 persen, SBMPTN minimum 40 persen, dan seleksi Mandiri maksimum 30 persen.

Ismaini mengatakan, proses seleksi SNMPTN tahun ini berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN.

Sementara, seleksi SBMPTN berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Adapun seleksi Mandiri dapat menggunakan nilai UTBK.

Untuk pilihan program studi, peserta disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2021 Diperpanjang sampai Siang ini, Segera Finalisasi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X