5 Fenomena Astronomi Menarik yang Bisa Disaksikan Minggu Ini

Kompas.com - 16/02/2021, 09:30 WIB
Kalender astronomi Lapan, minggu ketiga Februari 2021 LAPANKalender astronomi Lapan, minggu ketiga Februari 2021

KOMPAS.com - Memasuki pekan ketiga Februari 2021, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) merilis daftar fenomena astronomi yang akan terjadi dalam sepekan ini.

Dalam unggahan akun Instagram @lapan_ri, Senin (15/2/2021), Lapan menyebut akan ada lima fenomena astronomi yang terjadi mulai 18 Februari 2021.

Berikut daftarnya:

  • 18 Februari: Apoge Bulan
  • 19 Februari: Konjungsi Segitiga Bulan-Mars-Pleiades
  • 19-28 Februari: Konjungsi Segitiga Merkurius-Jupiter-Saturnus
  • 20 Februari: Fase Bulan Perbani Awal
  • 20 Februari: Aphelion Venus. 

Baca juga: Viral, Video Fenomena Langit Berwarna-warni Disebut Pelangi Api, Apa Itu?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh LAPAN (@lapan_ri)

Sarana edukasi

Koordinator Humas Lapan, Jasyanto, mengatakan, kelima fenomena astronomi yang akan terjadi dalam waktu dekat itu memiliki keunikan masing-masing.

"Saran saya untuk masyarakat, nikmati saja semuanya. Sebagai sarana edukasi juga untuk masyarakat," kata Jasyanto saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Dia menambahkan, kelima fenomena astronomi itu bisa diamati secara kasat mata, dengan catatan kondisi cuaca mendukung, yakni terang dan tidak berawan.

Berikut penjelasan Lapan mengenai fenomena dan waktu pengamatan lima peristiwa astronomi pada pekan ketiga Februari 2021.

Baca juga: Jangan Lewatkan 5 Fenomena Langit di Indonesia Minggu Ini

1. Apoge Bulan (18 Februari)

Apoge Bulan adalah konfigurasi ketika bulan terletak paling jauh dengan bumi. Terjadi pada pukul 17.24.29 WIB.

Apoge bulan baru dapat disaksikan ketika terbit sekitar pukul 11.00 waktu setempat dari arah timur-timur laut, berkulminasi di arah utara sekitar pukul 17.00 waktu setempat, dan kemudian terbenam di arah barat-barat laut sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Pada saat apoge bulan terjadi, bulan berjarak 404.505 kilometer dari bumi, dan berada di sekitar konstelasi Aries dengan iluminasi 37,4 persen.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X