Hari Ini dalam Sejarah: Makam Raja Tutankhamun Penguasa Mesir Dibuka

Kompas.com - 16/02/2021, 07:47 WIB
Sarkofagus Raja Tutankhamun. MirrorSarkofagus Raja Tutankhamun.

KOMPAS.com - Hari ini 98 tahun lalu, tepatnya 16 Februari 1923, arkeolog membuka Makam Raja Tutankhamun, Mesir

Melansir History, arkeolog Inggris yang memasuki ruang pemakaman penguasa Mesir kuno Raja Tutankhamun adalah Howard Carter.

Mengutip The New York Times, 16 Februari 2012, Makam Raja Tutankhamun terletak di Valley of the Kings (Lembah Para Raja), sebelah timur Sungai Nil di Mesir.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Howard Carter, Arkeolog Inggris Penemu Makam Tutankhamun

Tradisi mengawetkan tubuh raja 

Orang Mesir kuno sebelumnya melihat raja-raja mereka sebagai dewa, karena itu mereka dengan hati-hati mengawetkan tubuh raja setelah kematian.

Mereka membuat kuburan rumit yang berisi harta karun untuk menemani para penguasa itu menuju akhirat.

Pada abad ke-19, para arkeolog dari seluruh dunia berbondong-bondong ke Mesir, di mana mereka menemukan sejumlah makam raja-raja Mesir tersebut.

Banyak dari makam raja-raja Mesir tersebut dibobol oleh perampok dan harta yang berada di makam tersebut dilucuti.

Perburuan makam raja

Perburuan Makam Raja Tutankhamun dimulai pada 1907, ketika arkeolog Inggris Edward Russell Ayrton menemukan di sebuah situs di daerah tersebut yang berisi pot, piring, dan benda-benda lain milik Tutankhamun, yang waktu itu relatif tidak dikenal oleh firaun abad ke-14 SM.

Baca juga: Sejumlah Fakta yang Terungkap di Balik Penemuan Makam Raja Tutankhamun

Sponsor Ayrton, yaitu American Theodore M Davis, menyatakan bahwa dia telah menemukan makam Tutankhamun dan menyumbangkan beberapa benda ke Museum Seni Metropolitan New York.

Tapi setelah bertahun-tahun dipelajari, Herbert Winlock, seorang kurator di Met, menemukan bahwa benda-benda yang tersisa dari proses pembalseman dan pemakaman, dan bahwa situs itu sebenarnya bukanlah makam Tutankhamun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X