Hari Ini dalam Sejarah: Mengenang Susan B Anthony, Pejuang Hak Pilih Perempuan

Kompas.com - 15/02/2021, 11:35 WIB
Susan B Anthony (kiri) bersama sahabatnya sesama pejuang hak-hak perempuan Elizabeth Cady Stanton (kanan). EVERETT COLLECTION via DW INDONESIASusan B Anthony (kiri) bersama sahabatnya sesama pejuang hak-hak perempuan Elizabeth Cady Stanton (kanan).

KOMPAS.com - Hari ini, 201 tahun yang lalu, tepatnya 15 Februari 1820, merupakan hari lahir Susan B. Anthony.

Susan B. Anthony merupakan pejuang hak pilih perempuan berkebangsaan Amerika Serikat (AS). Ia merupakan tokoh terkemuka, hingga perjuangannya diabadikan dalam mata uang AS.

Sosoknya ada pada koin dollar baru pada tahun 1979. Susan pun menjadi perempuan pertama yang digambarkan pada mata uang AS.

Bagaimana sepak terjang Susan B. Anthony dan perjuangannya atas hak politik perempuan di AS? Berikut profilnya.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penemuan Berlian Terbesar di Alam Semesta

Masa kecil

Susan B. Anthony lahir pada 15 Februari 1820, di Adams, Massachusetts. Ia merupakan anak kedua dari delapan bersaudara.

Ia lahir dari kalangan cukup berada. Orangtuanya pemilik pabrik kapas lokal. Dua saudaranya meninggal dunia.

Dilansir dari Britannica, Susan menjadi anak yang dewasa sebelum waktunya. Ia belajar membaca dan menulis pada usia tiga tahun.

Pada 1826, keluarganya pindah dari Massachusetts ke Battensville, New York. Susan dikirim untuk belajar di sekolah Quaker, dekat Philadelphia.

Susan dibesarkan dalam keluarga Quaker yang menekankan pendidikan moral yang kuat sejak dini, serta mengambil peran pada bidang-bidang sosial.

Setelah bisnis ayahnya gagal pada akhir 1830-an, Anthony kembali ke rumah untuk membantu keluarganya memenuhi kebutuhan.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X