Peringati Hari Primata, Ini Kondisi Rehabilitasi Satwa di Yogyakarta

Kompas.com - 30/01/2021, 20:50 WIB
Orang utan Sumatera bernama Satria ini menemukan cara unik untuk mengurangi sengatan panas yang menerpa tubuhnya. Wildlife Reserves SingaporeOrang utan Sumatera bernama Satria ini menemukan cara unik untuk mengurangi sengatan panas yang menerpa tubuhnya.

KOMPAS.com - Hari Primata Indonesia diperingati setiap 30 Januari.

Peringatan ini dicetuskan oleh aktivis dan masyarakat peduli lingkungan pada 2014, dilatarbelakangi keprihatinan akan maraknya perdagangan ilegal primata di Indonesia.

Peringatan ini salah satunya disampaikan oleh organisasi lingkungan nonprofit, Green Peace Indonesia melalui akun Instagramnya @greenpeaceid.

"Orangutan adalah salah satu primata endemik Indonesia yang ditetapkan paling terancam punah oleh Badan Konservasi Internasional (IUCN). Hilangnya hutan habitat Orangutan adalah penyebab utama ancaman kepunahannya," tulis unggahan tersebt.

Baca juga: Kasus Penyelundupan Satwa Sepanjang 2019, dari Komodo hingga Ayam Aduan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Greenpeace Indonesia (@greenpeaceid)

Baca juga: Selain Udang Asal Sulawesi, Ini 5 Hewan di Indonesia yang Terancam Punah

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga disampaikan oleh Manager Konservasi Wildlife Rescue Centre Yogyakarta Reza Dwi Kurniawan.

"Kita terus mengkampanyekan untuk tidak menjualbelikan atau memelihara primata," ujar Reza, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Adapun jumlah primata di pusat rehabilitasi yang berlokasi di Kulon Progo, Yogyakarta ini sebanyak 29 individu.

Primata tersebut meliputi 7 kera besar orang utan Kalimantan, 9 owa, 5 siamang, 7 monyet ekor panjang dan 1 monyet ekor babi (beruk).

Baca juga: Selesai Direhabilitasi, 3 Orang Utan Dilepasliarkan ke Hutan TNBBBR Kalteng

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X