Selesai Direhabilitasi, 3 Orang Utan Dilepasliarkan ke Hutan TNBBBR Kalteng

Kompas.com - 15/01/2020, 17:10 WIB
Proses pelepasliaran orangutan di kawasan Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (9/6/2017) Rudiansyah/IAR IndonesiaProses pelepasliaran orangutan di kawasan Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (9/6/2017)

KOMPAS.com - 3 orang utan kembali dilepasliarkan ke habitat alami di hutan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ( TNBBBR), Kalimantan Tengah. Ketiga orang utan tersebut merupakan hasil proses rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng. 

Pelepasliaran ini merupakan hasil kerja sama antara Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), USAID LESTARI, dan Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival Foundation).

Menurut keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (15/1/2020), tiga orang utan yang dilepasliarkan terdiri dari satu ekor jantan bernama Chio dan dua ekor betina bernama Rizky dan Mia.

Usia dari ketiganya berkisar antara 13-18 tahun. 

Pada hari ini, Rabu (15/1/2020), mereka diberangkatkan dari Nyaru Menteng langsung ke DAS Hiran dalam perjalanan yang diperkirakan berlangsung selama 19 jam. 

Plt Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Andi Muhammad Kadhafi pun menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya pelepasliaran yang intensif ini. 

"Kami senang bisa kembali melepasliarkan orang utan yang siap hidup liar, kali ini ada tiga individu," ungkap Andi.

Andi juga mengimbau peran serta masyarakat untuk terlibat aktif dalam melindungi orang utan dan habitatnya.

"Siapapun bisa menghubungi kami dan melaporkan upaya menangkap, berburu, atau memelihara orang utan. Kami bersama menjamin orang utan berada di tempat yang sepantasnya," sambungnya. 

Baca juga: Di Suak Belimbing Aceh, Terdapat Spesies Orang Utan Tercerdas di Dunia

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) Wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat, Agung Nugroho, menyampaikan, keamanan orang utan hasil rehabilitasi yang dilepaskan di wilayah tersebut.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X