Beredar Foto Air Banjir di Pekalongan Berwarna Hijau, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 25/01/2021, 13:20 WIB
Foto yang beredar di media sosial mengenai air banjir di Pekalongan berwarna hijau. Twitter @arifnurdiansahFoto yang beredar di media sosial mengenai air banjir di Pekalongan berwarna hijau.

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beredar foto di media sosial Twitter yang memperlihatkan air banjir di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berwarna hijau.

Foto tersebut diunggah oleh sejumlah warganet, salah satunya akun @arifnurdiansah pada Kamis (21/1/2021) pukul 7.28 WIB. 

Dia menyebutkan, foto air banjir berwarna hijau itu diambil di wilayah Pasir Sari, salah satu daerah di sebelah utara Kota Pekalongan.

Dalam utas-nya, @arifnurdiansah juga menyebut bahwa banjir berwarna hijau itu sudah menggenangi daerah tersebut selama empat hari.

Seperti diberitakan Antara, Selasa (19/1/2021), beberapa kelurahan di Pekalongan terendam banjir dengan ketinggian antara 30 centimeter hingga 1,5 meter.

Banjir akibat hujan deras yang turun sejak Senin (18/1/2021) itu, berdampak kepada 3.000 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Pekalongan.

Baca juga: Viral Foto Angkringan Berjalan di Yogyakarta, Makanan Gratis untuk yang Membutuhkan

Apa penyebabnya?

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Saminta, membenarkan fenomena air banjir berwarna hijau yang terjadi di Pekalongan.

Dia mengatakan, banjir berwarna hijau itu terjadi di Dusun Clumprit, Desa Segayu.

"Air banjir di wilayah Pekalongan menjadi hijau biasanya apabila banjir/rob yang menggenangi wilayah yang dekat persawahan, rawa atau tambak," kata Saminta saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Saminta menjelaskan, air banjir berwarna hijau disebabkan oleh tanaman azolla atau "mata lele", yang sebelumnya ada di sawah atau tambak, dan kemudian ikut menggenangi pemukiman karena terbawa arus banjir.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X