Dirilis, Dua Film tentang Awal Pandemi di Wuhan, Bagaimana Kisahnya?

Kompas.com - 24/01/2021, 17:28 WIB
Kondisi di Wuhan, China setelah wabah virus corona. EPA-EFE/ROMAN PILIPEY ROMAN PILIPEYKondisi di Wuhan, China setelah wabah virus corona. EPA-EFE/ROMAN PILIPEY

KOMPAS.com - Dua buah film yang mengangkat kisah terjadinya pandemi Covid-19 dan lockdow di Wuhan, China, resmi dirilis secara nasional di China, belum lama ini.

Mengutip AP News, dua film itu berjudul "Coronation" dan "Days and Nights in Wuhan" yang dirilis pada Jumat (22/1/2021) malam.

Peluncuran film ini bertepatan dengan malam peringatan pemberlakuan lockdown di Wuhan yang dimulai pada 23 Januari 2020.

Coronation

Film pertama yakni "Coronation" merupakan sebuah film dokumenter garapan aktivis China yang kini menetap di Eropa, Ai Weiwei.

Berlatar tempat di Wuhan, film ini menggambarkan bagaimana saat awal penyakit Covid-19 ditemukan dan menampilkan sekilas bagaimana rasa sakit dan perjuangan yang dialami oleh penderitanya.

Digambarkan situasi saat petugas medis mencoba menyelamatkan orang yang sekarat dengan segala alat bantu pernapasan.

Demikian pula kala kamar mayat di rumah sakit penuh hingga kewalahan menangani pasien.

Baca juga: Setahun Lalu Wuhan Lockdown 11 Juta Warga Selama 76 Hari, Begini Kondisinya Saat Ini...

Video-video itu adalah video asli ketika masyarakat tengah melawan penyebaran virus corona di lingkungannya.

Semua didapatkan melalui rekaman yang dibuat oleh rekan, saudara-saudara, juga relawan di Wuhan yang kemudian digarap oleh Weiwei dari Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X