Gempa Majene, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Susulan hingga Tsunami

Kompas.com - 16/01/2021, 14:55 WIB
Lokasi gempa Majene Sulawesi Barat magnitudo 6,2, Jumat (15/1/2021). BMKGLokasi gempa Majene Sulawesi Barat magnitudo 6,2, Jumat (15/1/2021).

KOMPAS.com - Setelah dua hari berturut-turut dilanda gempa, wilayah Majene, provinsi Sulawesi Barat kembali mengalami guncangan gempa bumi pada pagi ini.

Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,0 mengguncang wilayah Masama, tepat pada pukul 06.32 WiB, Sabtu (16/1/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw 4,8.

Baca juga: Gempa Majene Kembali Terjadi, BMKG Ungkap Sudah 32 Kali Susulan

Gempa Mamuju dan Majene

Sebelumnya dalam waktu dua hari berturut-turut, wilayah Mamuju dan Majene yang berada di provinsi Sulawesi Barat diguncang dua gempa dengan magnitudo cukup kuat.

Gempa pertama terjadi pada Kamis (14/1/2021) pukul 14.45 WITA dengan kekuatan 5,9 magnitudo.

Gempa dengan kekuatan lebih besar kembali terjadi keesokan harinya, yakni pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 02.28 WITA dengan kekuatan 6,2 magnitudo.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, kedua gempa yang telah terjadi itu tidak berpotensi tsunami, tetapi potensi gempa susulan masih bisa terjadi.

Potensi tsunami

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, jika gempa susulan nantinya berkekuatan lebih besar, dan terjadi di lokasi yang sama, serta menyebabkan longsoran di dasar laut, maka ada potensi terjadi tsunami.

Dwikorita mengatakan, gelombang tsunami itu bisa datang dengan cepat, hanya dalam kisaran 2-3 menit, seperti yang pernah terjadi di Palu, Sulawesi Tengah pada 2018.

"Potensi tsunami ada kemungkinan kalau terjadi gempa susulan yang dikhawatirkan dapat memicu tsunami akibat longsor ke laut ataupun tsunami akibat gempa itu," kata Dwikorita, dikutip dari video Instagram BMKG @infobmkg, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.0 Berpusat di Majene, Tidak Berpotensi Tsunami

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X