Daftar Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem hingga Bencana Hidrometeorologi

Kompas.com - 15/01/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampaknya pada Indonesa dapat menyebabkan curah hujan yang tinggi dan berakibat pada bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor. SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYAIlustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampaknya pada Indonesa dapat menyebabkan curah hujan yang tinggi dan berakibat pada bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memperkirakan saat ini Indonesia tengah memasuki puncak musim penghujan.

Karena itu curah hujan di sebagian wilayah Indonesia mengalami peningkatan intensitasnya. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin kepada Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

" Puncak musim hujan 2020/2021 di wilayah Indonesia diprediksikan berlangsung antara bulan Januari-Februari 2021. Sehingga saat ini, sebagian besar wilayah Indonesia sedang mengalami periode puncak musim hujan," kata Miming. 

Baca juga: BMKG: Waspadai Bencana Hidrometeorologi Jelang Puncak Musim Hujan

Penyebab peningkatan intensitas

Pada bulan-bulan ini fenomena monsun Asia musim dingin berlangsung aktif dan menandakan musim penghujan sedang berlangsung.

Dalam sepekan ke depan, Miming menyampaikan hasil analisis dinamika atmosfer yang dilakukan BMKG menunjukkan fenomena fenomena gelombang atmosfer seperti MJO, gelombang kelvin, dan rossby ekuatorial cukup aktif di sekitar wilayah Indonesia. 

Fenomena itu disertai adanya pusat tekanan rendah yang mengakibatkan terbentuk pola konvergensi.

"Belokan angin berpotensi memberikan pengaruh pada peningkatan pertumbuhan awan hujan, sementara itu suhu muka laut masih cukup hangat di beberapa wilayah perairan Indonesia. Kondisi dinamika atmosfer tersebut dapat meningkatkan potensi curah hujan hingga sepekan kedepan di beberapa wilayah Indonesia," jelas dia. 

Wilayah alami hujan lebat

Berikut ini daftar wilayah di Indonesia yang akan alami hujan intensitas sedang-lebat dalam sepekan ke depan (16-21 Januari 2021):

Baca juga: Apa Itu Bencana Hidrometeorologi yang Harus Diwaspadai di Musim Hujan?

- Aceh

- Sumatera Utara

- Jambi, Sumatera Selatan

- Banten

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X