Cerita Penyelam Evakuasi Sriwijaya Air, Tinggalkan Keluarga, Rela Tidak Dibayar

Kompas.com - 15/01/2021, 18:05 WIB
Persiapan relawan penyelam Indonesia Divers Rescue Team dalam pencarian korban kecelakaan Sriwijaya Air Indonesia Divers Rescue Team - IDRTPersiapan relawan penyelam Indonesia Divers Rescue Team dalam pencarian korban kecelakaan Sriwijaya Air

KOMPAS.com - Sepekan telah berlalu, sejak peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB.

Sebelumnya pesawat dengan 62 penumpang ini terbang dari Jakarta menuju Pontianak, dan dilaporkan hilang kontak.

Setelah melakukan pencarian, tim pencari telah menemukan jenazah korban, pakaian, pecahan badan pesawat, dan black box Sriwijaya Air SJ 182.

Penemuan jenazah korban dan benda-benda terkait pesawat Sriwijaya Air tidak dapat lepas dari bantuan para penyelam profesional.

Baca juga: Kisah Hence, Penyelam Relawan Cari Bagian Tubuh Korban Sriwijaya Air Demi Bantu Keluarga

Indonesia Divers Rescue Team

Tim penyelam evakuasi pesawat Sriwijaya Air dari Indonesia Divers Rescue Team - IDRTscreenshoot Tim penyelam evakuasi pesawat Sriwijaya Air dari Indonesia Divers Rescue Team - IDRT

Salah satu relawan penyelam dalam pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182, yaitu Indonesia Divers Rescue Team (IDRT). IDRT merupakan tim relawan gabungan dengan spesialisasi SAR di bawah permukaan air.

“Kami sudah memasuki hari ketujuh di sini, dan sekarang sedang dalam persiapan untuk melakukan penyelaman lagi,” kata Ketua IDRT Ebram Harimurti saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (15/1/2021).

Selama melakukan pencarian dan pertolongan IDRT membagi timnya menjadi empat, yaitu Alfa, Bravo, Charlie, dan Delta. Tim ini bergantian dalam membantu tim SAR melakukan pencarian di dalam laut.

“Kami bergantian, kemarin Alfa Bravo yang naik. Kemudian Alfa turun, Charlie naik. Besok Bravo turun, Delta naik,” tambah Ebram.

Baca juga: Penyelam AL: Kotak Hitam Ditemukan Tertimbun Lumpur di Kedalaman 18 Meter

Penyelam profesional

Indonesia Divers Rescue Team - IDRTscreenshoot Indonesia Divers Rescue Team - IDRT

Seluruh anggota IDRT merupakan penyelam profesional. Awalnya mereka hanya komunitas. Kemudian para penyelam profesional ini menyadari bahwa mereka memiliki tujuan yang sama.

“IDRT ini awalnya suatu komunitas dimana isinya adalah para diver profesional yang punya tujuan sama demi kemanusiaan,” kata Ebram.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X