7 Pemimpin Negara yang Sudah Divaksin Covid-19, Termasuk Joko Widodo

Kompas.com - 13/01/2021, 12:30 WIB
Presiden Joko Widodo menjalani proses vaksinasi Covid-19, Rabu (13/1/2021) di Istana Merdeka, Jakarta. Penyuntikan dilakukan oleh dokter kepresidenan. Screenshot/Kompas TVPresiden Joko Widodo menjalani proses vaksinasi Covid-19, Rabu (13/1/2021) di Istana Merdeka, Jakarta. Penyuntikan dilakukan oleh dokter kepresidenan.

KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 mulai dilakukan sejak akhir Desember 2020 sebagai salah satu upaya menghentikan pandemi Covid-19.

Pada Rabu (13/1/2021), menyusul para pemimpin negara lainnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disuntik vaksin Covid-19 Sinovac.

Joko Widodo divaksin sekitar pukul 09.30 WIB di Istana Presiden, Jakarta.

Proses vaksinasi disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia

Lantas, pemimpin negara mana saja yang sudah divaksin Covid-19, berikut perinciannya:

1. Perdana Menteri Israel

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam foto tengah bersiap untuk menerima vaksin virus corona di Sheba Medical Center, rumah sakit terbesar di negara itu, di Ramat Gan dekat kota pesisir Tel Aviv, pada 19 Desember 2020.AFP/AMIR COHEN Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam foto tengah bersiap untuk menerima vaksin virus corona di Sheba Medical Center, rumah sakit terbesar di negara itu, di Ramat Gan dekat kota pesisir Tel Aviv, pada 19 Desember 2020.

Diberitakan New York Times, 1 Januari 2021, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjadi orang Israel pertama yang divaksin, yakni pada 19 Desember 2020.

Penyuntikan vaksin pada Netanyahu disiarkan di televisi secara langsung.

Pada Januari lebih dari 10 persen populasi Israel telah menerima dosis pertama vaksin virus corona.

Baca juga: Mengenal Vaksin Sinovac yang Telah Tiba di Indonesia

2. Presiden terpilih Amerika Serikat

Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden saat disuntik dosis kedua vaksin Covid-19 di Christiana Hospital, Newark, Delaware, pada Senin (11/1/2021). Vaksin virus corona ini disuntikkan oleh kepala eksekutif perawat Ric Cuming.AP PHOTO/SUSAN WALSH Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden saat disuntik dosis kedua vaksin Covid-19 di Christiana Hospital, Newark, Delaware, pada Senin (11/1/2021). Vaksin virus corona ini disuntikkan oleh kepala eksekutif perawat Ric Cuming.

Melansir BBC, 21 Desember 2020, Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden, disuntik vaksin pada 21 Desember 2020.

Penyuntikannya juga disiarkan langsung di televisi untuk meyakinkan rakyat AS bahwa vaksin itu aman.

Biden mendapat vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Christiana Care di Wilmington, Delaware, AS.

Tim Biden telah menetapkan target 100 juta vaksinasi Covid-19 di AS selama 100 hari pertama pemerintahan di Gedung Putih.

Baca juga: Melihat Efektivitas Vaksin Covid-19 yang Telah Diumumkan, dari Pfizer-BioNTech hingga Sinovac

3. Wakil Presiden Amerika Serikat

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence ketika menerima dosis vaksin Covid-19 pada Jumat (18/12/2020).AP via VOA Indonesia Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence ketika menerima dosis vaksin Covid-19 pada Jumat (18/12/2020).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X