Kompas.com - 05/01/2021, 19:35 WIB
Ilustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/Nenad CavoskiIlustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19

KOMPAS.com - Penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru, SARS-CoV-2, pertama kali teridentifikasi di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu.

Sejak saat itu, para pakar dan ahli kesehatan masih terus melakukan penelitian untuk mengungkap hal-hal yang berkaitan dengan penyakit ini, salah satunya adalah gejala yang diderita pasien Covid-19.

Gejala umum yang muncul pada pasien Covid-19 antara lain demam, batuk, sakit kepala, sesak napas, dan kelelahan.

Seiring berjalannya waktu, para ahli berhasil mengidentifikasi gejala-gejala baru yang mengindikasikan adanya infeksi virus corona.

Baca juga: Berikut Kelompok yang Tidak Boleh Disuntik Vaksin Covid-19

Berikut 3 gejala baru yang diderita oleh pasien Covid-19:

1. Anosmia

Mengutip Kompas.com, 5 Desember 2020, anosmia adalah istilah yang merujuk pada menghilangnya kemampuan indera penciuman.

Anosmia biasanya terjadi akibat cedera kepala, masalah dengan saluran hidung, atau infeksi virus yang parah pada saluran pernapasan bagian atas.

Melansir laman Harvard Medical School (HMS), anosmia merupakan gejala neurologis utama, dan merupakan salah satu indikator Covid-19 paling awal yang paling sering dilaporkan.

Baca juga: Pemerintah Gratiskan Vaksin Covid-19, Mengapa Diberikan Lewat Suntikan?

Para peneliti menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 rupanya tidak menyerang neuron indera penciuman secara langsung, melainkan sel-sel pendukungnya.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa Novel Coronavirus mengubah indera penciuman pada pasien tidak dengan langsung menginfeksi neuron tetapi dengan mempengaruhi fungsi sel pendukung,” kata Sandeep Robert Datta , profesor neurobiologi di Blavatnik Institute di HMS.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X