Kasus Tembus 600.000, Simak Gejala Corona dari Anosmia hingga Delirium

Kompas.com - 12/12/2020, 14:22 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Pandemi virus corona penyebab Covid-19 masih terjadi di hampir penjuru dunia, termasuk Indonesia. 

Hingga jelang akhir 2020, kasus virus corona di Indonesia bahkan telah melampaui 600.000 kasus, tepatnya 605.243. 

Banyak ahli dan ilmuwan dari berbagai negara masih melakukan penelitian terkait virus corona ini. Salah satunya adalah untuk mengetahui sejumlah gejala yang dialami para penderita Covid-19.

Sebab saat ini Covid-19 memberikan efek yang berbeda-beda di setiap orang. Terdapat pasien positif yang dapat pulih dengan cepat, namun ada pula yang mengalami kondisi parah.

Baca juga: Kasus Terus Bertambah, Simak Gejala Virus Corona dari Hari ke Hari

Masa inkubasi virus corona

Melansir laman Harvard Health Publishing (03/12/2020), penelitian terbaru menunjukkan bahwa masa inkubasi atau waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala pada pasien Covid-19 adalah tiga hingga tiga belas hari.

Temuan tersebut relevan dengan imbauan melakukan karantina mandiri dan pemantauan dari layanan kesehatan selama 14 hari, sehingga pasien Covid-19 tidak menularkan virus kepada orang lain.

Gejala-gejala virus corona

Dilansir dari laman World Health Organization (WHO), terdapat tiga jenis gejala yang dialami penderita Covid-19, yaitu gejala umum, less common, dan gejala serius.

Pertama-tama, gejala orang yang terinfeksi virus corna secara umum akan mengalami demam, naiknya suhu tubuh, batuk kering, dan kelelahan. 

Melansir Kompas.com (19/04/2020), batuk kering yang diderita pasien covid-19 berbeda dengan batuk biasa.

Batuk kering pada pasien covid-19 terjadi terus-menerus, disertai sesak napas, atau terkadang diikuti demam, pusing, dan nyeri otot. 

Baca juga: Penelitian Terbaru: Gejala Covid-19 Dapat Bertahan Lebih dari 6 Minggu

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X