FDA Amerika Serikat Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Corona Pfizer

Kompas.com - 12/12/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA). SHUTTERSTOCK/Nixx PhotographyIlustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA).

KOMPAS.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyetujui penggunaan darurat vaksin virus corona produksi Pfizer-BioNTech.

Otorisasi penggunan darurat ini berarti vaksin mendapatkan otoritas khusus dari FDA untuk dipakai selama keadaan darurat.

Untuk mendapatkan persetujuan penuh, vaksin harus mengantongi lisensi secara terpisah dari FDA.

"Otorisasi FDA untuk penggunaan darurat vaksin Covid-19 pertama merupakan tonggak penting dalam memerangi pandemi dahsyat ini yang telah memengaruhi begitu banyak keluarga di Amerika Serikat dan di seluruh dunia," kata Komisaris FDA Dr. Stephen Hahn dikutip dari CNN, Sabtu (12/12/2020).

Stephen menyebutkan, keputusan ini telah mengikuti proses tinjauan terbuka dan transparan yang mencakup masukan dari para pakar ilmiah dan kesehatan masyarakat independen.

Selain itu, telah dilakukan evaluasi menyeluruh oleh para ilmuwan untuk memastikan vaksin memenuhi standar ilmiah dari FDA terkait keamanan, efektivitas, dan kualitas produksi yang diperlukan.

Baca juga: Studi Terbaru Virus Corona: dari Gejala hingga Awal Mula Covid-19 di AS

Meski FDA sudah mengesahkan penggunaan darurat, sebelum vaksinasi dimulai, vaksin harus mendapat rekomendasi dari Komite Penasihat Imunisasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS(CDC).

Rencananya, CDC akan memberikan suaranya terkait rekomendasi itu pada Sabtu (12/12/2020).

Mengutip BBC, Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Alex Azar, mengatakan, pengiriman vaksin akan dimulai setelah 24 jam keluarnya persetujuan.

Ia juga mengatakan, AS akan bekerja sama dengan Pfizer agar vaksin bisa diberikan kepada kelompok rentan pada Senin atau Selasa pekan depan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X