Tak Hanya AS, Meksiko Juga Beri Izin Darurat Vaksin Covid-19 Pfizer

Kompas.com - 12/12/2020, 14:02 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo. SHUTTERSTOCK/Blue Planet StudioIlustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo.

KOMPAS.com - Sejumlah negara mulai memerikan izin penggunaan darurat terhadap vaksin virus corona buatan Pfizer yang bekerja sama dengan BioNTech.

Selain Amerika Serikat, dilansir AP pada Sabtu (12/12/2020), negara yang baru saja memberikan izin penggunaan darurat tersebut ialah Meksiko

Asisten Menteri Kesehatan Meksiko, Hugo López-Gatell, mengatakan Meksiko akan menerima 250.000 dosis vaksin Pfizer.

Jumlah tersebut rencananya dipergunakan untuk vaksinasi terhadap 125.000 orang. Proses vaksinasi diharapkan bisa dimulai minggu depan.

Petugas kesehatan yang berada di garis depan, López-Gatel menambahkan, akan mendapatkan suntikan vaksin terlebih dahulu. 

Baca juga: FDA Amerika Serikat Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Corona Pfizer

Selain Meksiko, hingga saat ini tercatat sudah ada lima negara yang memberikan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer. Berikut rinciannya:

Amerika Serikat

Badan Pengawan Obat dan Makanan AS ( FDA) memberikan izin penggunaan darurat vaksin virus corona buatan Pfizer pada Jumat (11/12/2020) waktu setempat.

Dilansir AP, AS memprioritaskan suntikan vaksin untuk tenaga kesehatan dan lansia di panti jompo.

Otorisasi penggunan darurat ini berarti vaksin mendapatkan otoritas khusus dari FDA untuk dipakai selama keadaan darurat. Untuk mendapatkan persetujuan penuh, vaksin harus mengantongi lisensi secara terpisah dari FDA.

"Otorisasi FDA untuk penggunaan darurat vaksin Covid-19 pertama merupakan tonggak penting dalam memerangi pandemi dahsyat ini yang telah memengaruhi begitu banyak keluarga di Amerika Serikat dan di seluruh dunia," kata Komisaris FDA Dr. Stephen Hahn dikutip dari CNN, Sabtu (12/12/2020).

Baca juga: 4 Negara yang Sudah Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Pfizer

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X