Vaksin Pfizer dan BioNTech Dinilai Aman, Akan Digunakan di Inggris

Kompas.com - 03/12/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA). SHUTTERSTOCK/Nixx PhotographyIlustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA).

KOMPAS.com - Inggris menjadi negara pertama di dunia yang membuka jalan untuk vaksinasi massal vaksin virus corona yang dikembangkan Pfizer/BioNTech.

Regulator obat-obatan Inggris, MHRA, menyebutkan, suntikan vaksin yang memberikan perlindungan hingga 95 persen terhadap Covid-19, aman untuk diluncurkan.

Diberitakan BBC, 3 Desember 2020, dosis pertama sudah dalam perjalanan ke Inggris, dengan 800.000 dosis berikutnya dalam beberapa hari mendatang.

Mereka yang lanjut usia dan staf di panti jompo masuk dalam daftar prioritas kelompok penerima vaksin, disusul staf kesehatan dan perawatan.

Urutan orang yang akan mendapatkan suntikan direkomendasikan oleh Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi, selanjutnya diputuskan oleh pemerintah.

Rumah sakit juga telah mempunyai fasilitas penyimpanan vaksin pada suhu minus 70 derajat celcius. Hal ini sesuai standar penyimpanan yang dipersyaratkan.

Vaksinasi pertama kemungkinan besar dilakukan di rumah sakit bagi staf panti jompo, staf NHS dan pasien, sehingga tidak ada vaksin yang terbuang percuma.

Inggris telah mencatat 648 kematian dalam 28 hari setelah tes Covid-19 dengan hasil positif pada Rabu (2/12/2020), dengan 16.170 kasus baru.

Baca juga: Simak, Ini 6 Hal yang Perlu Diketahui soal Vaksin Virus Corona

Jangan menganggap perjuangan telah berakhir

Perdana Menteri Boris Johnson mengingatkan publik untuk tidak terbawa dalam optimisme berlebihan bahwa perjuangan telah berakhir.

Meski vaksin diklaim efektif, tetap ada tantangan logistik yang besar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X