Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Foto Pele di Depan Makam Diego Maradona

Kompas.com - 30/11/2020, 07:31 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar gambar pemain sepakbola asal Brazil, Pele, berlutut di depan nisan bertuliskan Diego Maradona.

Gambar itu beredar di media sosial dengan narasi Pele memberikan penghormatan terakhir untuk pemain sepakbola asal Argentina, Maradona, yang baru saja meninggal dunia.

Dari penelusuran digital, didapati bahwa gambar tersebut palsu.  

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Ronaldinho Fans pada Minggu (29/11/2020) mengunggah foto yang menampilkan pemain sepakbola Pele berlulut di depan nisan bertuliskan Dieo Maradona.

Pele menggenggam seikat bunga, tangannya yang lain memegang nisan. Akun tersebut menulis status setelah dialihkan ke bahasa Indonesia sebagai berikut:

"Legenda Pele memberikan penghormatan terakhir kepada sesama legenda Diego Maradona"

Gambar manipulatif dengan narasi Pele mendatangi makam Diego Maradona.Facebook Gambar manipulatif dengan narasi Pele mendatangi makam Diego Maradona.

Akun Facebook Muktadir Billah juga mengunggah foto yang sama dan menyebut nama Maradona dan Pele di statusnya.

Selain di Facebook, foto tersebut juga tersebar di Twitter. Dua di antaranya diedarkan akun @dayakamPR dan @biggreekmav.

Penelusuran

Dari penelusuran digital via Google Image, didapati foto yang nyaris sama di situs web perpustakaan foto Getty Images. Foto tersebut juga dimuat di sejumlah situs web jasa pemakaman selama bertahun-tahun.

Foto di Getty Images memuat keterangan "foto seorang pria muda yang mengunjungi kuburan dengan seikat bunga."

Perbedaan yang menonjol antara foto di Getty Images dengan yang beredar di media sosial yakni bagian wajah pria di depan nisan. Pada foto Getty Images, pria tersebut bukanlah Pele.

Perbedaan lain terlihat dari nisan. Pada foto di Getty Images tidak terukir nama, sedangkan pada gambar di media sosial termuat nama Diego Maradona.

Berikut perbandingan dua foto tersebut:

Gambar dengan narasi Pele mendatangi makam Diego Maradona yang tersebar di media sosial (kiri). Foto dari Getty Images (kanan). Facebook, Getty Images Gambar dengan narasi Pele mendatangi makam Diego Maradona yang tersebar di media sosial (kiri). Foto dari Getty Images (kanan).

Dikutip dari Kompas.com, legenda sepakbola asal Argentina, Diego Maradona, meninggal dunia di Buenos Aires, Argentina, pada Rabu (25/11/2020) dalam usia 60 tahun. Dia meninggal akibat serangan jantung.

Hingga artikel ini diturunkan, belum ada pemberitaan apakah Pele datang pada saat hari pemakaman Maradona.  

Kesimpulan

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, gambar Pele berada di depan nisan Diego Maradona yang tersebar di media sosial palsu.  .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com