Mengenal Esport dan Bedanya dengan Gaming

Kompas.com - 26/11/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi esport Shutterstock/ParilovIlustrasi esport

KOMPAS.com - Apa itu Esport? Tahukah Anda dengan istilah ini? 

Bagi mereka yang menyukai dunia game, istilah Esport pasti sudah tidak asing lagi.

Esport atau olahraga elektronik saat ini sangat diminati, terbukti dari tingginya peminat dalam setiap kompetisi yang diadakannya.

Salah satunya, mengutip Harian Kompas, 18 Agustus 2020, saat Piala Menpora Esport 2020, pendaftarnya melebihi jumlah peserta yang ditargetkan. 

Apa itu Esport?

Melansir dari Games Radar , Esports merupakan sebuah kompetisi game. Pemain Esport terdiri dari tim yang bermain game untuk melawan satu sama lain pada tingkat profesional untuk memenangkan sejumlah besar uang sebagai hadiah.

CNN , 27 Agustus 2018, memberitakan, pertandingan Esport diikuti dan ditonton oleh jutaan penggemaar di seluruh dunia yang menghadiri pertandingan secara langsung atau melihatnya secara online.

Sejumlah game yang dipertandingkan di kompetisi Esport di antaranya adalah Fortnite, League of Legends, Counter-Strike, Call of Duty, Overwatch, dan Madden NFL.

Apa bedanya Esport dengan bermain Gaming?

Kompas.com, 25 Mei 2018, menuliskan, Pengamat Gaming dan Esport, Dedy Irvan mengatakan, main game adalah rekreasi sedangkan Esport adalah sebuah profesi.

“Esport itu sebenarnya game yang dipakai buat profesi, kerjanya itu game, istirahatnya itu tidak main game,” ujar Dedy.

Ia mengatakan, gaming dimainkan untuk mengisi waktu luang, dan tidak untuk tujuan profesional.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X