[KLARIFIKASI] Perayaan Ultah Joe Biden Tidak Pakai Masker, Faktanya Peristiwa 2019

Kompas.com - 26/11/2020, 11:29 WIB
Ilustrasi Klarifikasi KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoIlustrasi Klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Beredar video dengan narasi perayaan ulang tahun kandidat presiden AS Joe Biden pada November 2020 dihadiri banyak orang yang tidak memakai masker dan menjaga jarak.

Narasi itu muncul setelah Walikota Atlanta, Keisha Lance Bottoms, mengunggah video tersebut di akun Twitternya tepat di hari ulang tahun Joe Biden pada 20 November 2020.

Narasi itu keliru.

Walikota Atlanta dan juru bicara Joe Biden, Kamau Marshall, menjelaskan bahwa video itu merekam perayaan ulang tahun Joe Biden pada 2019, sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Tina Huang pada Sabtu (21/11/2020) mengunggah video yang menayangkan Walikota Atlanta Keisha Lance Bottoms bersebelahan dengan Joe Biden dan dikelilingi sejumlah orang tengah menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada Biden.

Dalam video berdurasi 34 detik itu, mereka berada dalam sebuah ruangan, berdiri berdekatan, dan tidak mengenakan masker.

Tina Huang menulis status berikut, yang sudah dialihkan ke bahasa Indonesia:

"Hari ini adalah ulang tahun Biden, mereka merayakannya di dalam ruangan, tetapi tidak ada yang memakai masker. Tidak ada jarak sosial."

Tangkapan layar video dengan narasi perayaan ulang tahun Joe Biden tahun ini tanpa kenakan masker dan jaga jarak. Facebook Tangkapan layar video dengan narasi perayaan ulang tahun Joe Biden tahun ini tanpa kenakan masker dan jaga jarak.

Narasi perayaan ulang tahun Biden tahun ini tanpa masker dan jarak sosial juga diunggah akun Facebook Clint Fuller pada Kamis (26/11/2020) dan Joy Vossen pada Minggu (22/11/2020).

Penjelasan

Video perayaan ulang tahun Joe Biden awalnya diunggah Walikota Atlanta Keisha Lance Bottoms pada 20 November 2020 di akun Twitter miliknya @KeishaBottoms.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X