Awas, Beredar Lagi Hoaks KFC Bagi-bagi 3.000 Snack Bucket, Ini Modusnya

Kompas.com - 26/11/2020, 14:23 WIB
Tangkapan layar story Instagram KFC Indonesia berisi pengumuman KFC Indonesia bahwa pembagian 3.000 snack bucket adalah penipuan. InstagramTangkapan layar story Instagram KFC Indonesia berisi pengumuman KFC Indonesia bahwa pembagian 3.000 snack bucket adalah penipuan.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Informasi KFC menawarkan 3.000 snack bucket secara cuma-cuma kembali beredar di media sosial.

Promosi itu disertai tautan yang meminta pengguna memberikan jawaban atas tiga pertanyaan dan memberikan alamat pengantaran snack bucket.

Informasi tersebut pernah beredar di media sosial pada September-Oktober lalu dan kembali beredar lagi pada November 2020.

PT Fast Food Indonesia Tbk, perusahaan yang mengoperasikan KFC Indonesia, menegaskan tidak mengadakan survei berhadiah pembagian 3.000 snack bucket seperti yang tersebar di media sosial.

Salah satu akun pengedar informasi tersebut yakni akun Facebook Memey Makadima Bambulu Hwi. Pada Kamis (26/11/2020), dia mengedarkan tautan "KFC anniversary celebration."

Termuat kalimat bahwa KFC membagikan 3.000 snack bucket untuk merayakan hari jadinya. Saat tautan tersebut dibuka, muncul tiga pertanyaan, yakni:

1. Apakah Anda pernah ke KFC?
2. Apakah anda pernah merasa tidak puas terhadap makanan yang anda beli dari KFC?
3. Apakah anda merekomendasikan KFC ke keluarga dan teman?

Setiap pertanyaan terdapat dua pilihan jawaban yaitu "yes" dan "no". Setelah semua pertanyaan dijawab, muncul kalimat bahwa pengguna 100% terkualifikasi dan layak mendapatkan snack bucket KFC. Pun bila pertanyaan nomor tiga dijawab "no".

Untuk mendapatkan snack bucket KFC, pengguna diminta untuk membagikan tautan tersebut ke lima grup atau 20 teman via WhatsApp dengan cara mengklik ikon WhatsApp yang sudah disediakan.

Tangkapan layar dari website mengatasnamakan KFC yang membagi-bagikan 3.000 snack bucket gratis.Facebook Tangkapan layar dari website mengatasnamakan KFC yang membagi-bagikan 3.000 snack bucket gratis.

Langkah berikutnya, pengguna diminta memilih paket dan memasukkan rincian alamat pengantaran snack bucket. Snack bucket dijanjikan akan dikirim dalam waktu 24 jam.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X