Mengenal tentang Pertashop, Keuntungan, Syarat dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 20/11/2020, 14:16 WIB
Pertamina Pertashop (dok. Pertamina) Pertamina Pertashop (dok. Pertamina)

KOMPAS.com - Demi menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan baan bakar minyak ( BBM), BUMN Minyak dan Gas, Pertamina meluncurkan layanan berupa Pertashop.

Secara sederhana, Pertashop ini merupakan lembaga penyalur dari Pertamina yang disiapkan untuk melayani konsumen yang selama ini belum terlayani oleh lembaga penyalur BBM, seperti SPBU.

Section Head Communication & Relations Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, Ahad Rahedi menyebut Pertashop ini sebagai SPBU versi lebih sederhana.

"Jadi nanti dia berupa semacam SPBU mini, lembaga penyalur resmi yang lebih kecil dibanding SPBU. Kalau ditanya bentuknya seperti apa, kurang lebih seperti SPBU, cuma lebih kecil dari luasan wilayahnya, maupun jumlah produk yang bisa didistribusikannya," kata Ahad saat dihubungi Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Ingin Berwirausaha? Berikut Cara Daftar Jadi Mitra Pertashop Pertamina

Keuntungan Pertashop

Pertaminya menyebutkan, beberapa keuntungan yang bisa didapatkan mitra Pertashop antara lain: 

  1. Penawaran kemitraan mudah, transparan dan menguntungkan
  2. Takaran dan kualitas produk standar Pertamina
  3. Harga jual sama dengan SPBU Pertamina

Skema Bisnis

Disebutkan dari situs Pertamina, skema bisnis Pertashop terbagi menjadi dua.

Yaitu yang pertama dengan biaya investasi dan biaya operasi ditangguung oleh mitra, dan yang kedua biaya investasi ditanggung oleh PT. Pertamina dan biaya operasi mitra.

Apabila biaya investasi dan operasi ditanggung oleh mitra diperkirakan biaya yang diperlukan sekitar Rp 250 juta. Sementara apabila investasi ditanggung Pertamina maka biaya sekitar Rp 80 juta. 

Contoh gambar Pertashoppertamina Contoh gambar Pertashop

Dengan kapasitas tangki penyimpanan 3 KL upper ground, direkomendasikan ekomendasi omzet 400 liter per hari.

Sementara produk ritel yang dijual adalah Petamax, Dexlite, LPG Non Subsidi, Pelumas. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X