Kompas.com - 15/11/2020, 14:20 WIB
Aeroponik shutterstockAeroponik

KOMPAS.com – Di tengah pandemi virus corona salah satu kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah saja salah satunya adalah bercocok tanam.

Ada sejumlah teknik yang bisa dipakai untuk menanam sayuran di rumah terutama bagi yang kondisi rumahnya hanya memiliki lahan yang tidak terlalu besar.

Salah satunya adalah teknik bercocok tanam secara aeroponik. Apa itu teknik aeroponik

Aeroponik dikenal sebagai sistem bercocok tanam di udara dengan akar yang menggantung karena tidak menggunakan media tanah

Lantas, bagaimana cara bercocok tanam dengan teknik aeroponik?

Baca juga: 3 Langkah Ignasius Jonan Berkebun Hidroponik di Rumah, Cocok Dicontoh Pemula

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara bertanam aeroponik

Aeroponikshutterstock Aeroponik

Dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor, Dr Darda Efendi, menjelaskan konsep aeroponik sebenarnya adalah menanam tanpa media baik media air maupun padat atau agregar.

Meski demikian, pihaknya menjelaskan cara ini tidak berarti juga tanaman hanya menggunakan udara sebagai medianya.

“Memang tanaman digantung dalam ruangan khusus, tapi akarnya disuplai dengan hara tanaman melalui air yang dikabutkan/mist/foging,” jelas dia dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/11/2020).

Lebih lanjut Darda menjelaskan untuk memulai bertanam dengan cara aeroponik maka bisa memulainya dengan mempersiapkan ruangannya lebih dahulu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X