Gempa Guncang Kabupaten Bandung Pagi Tadi, Apa Pemicunya?

Kompas.com - 15/11/2020, 10:50 WIB
Tangkapan layar peta gempabumi yang mengguncang Kecamatan Rancabali, Bandung pada Minggu (15/11/2020). BMKGTangkapan layar peta gempabumi yang mengguncang Kecamatan Rancabali, Bandung pada Minggu (15/11/2020).

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 3.0 mengguncang wilayah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Minggu, (15/11/2020) pukul 06.01 WIB.

Berdasarkan situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), bmkg.go.id, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.16 LS dan 107.5 BT dengan kedalaman 14 km.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan, episenter gempa berada pada jarak 15 km arah barat daya Kabupaten Bandung.

"Episenter terletak pada koordinat 7.16 LS dan 107.5 BT tepatnya di darat pada jarak 15 km arah baratdaya Kab. Bandung kedalaman 14 kilometer," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Daryono mengatakan, menurut hasil analisis BMKG, gempa ini dirasakan di Kecamatan Ranca Bali dalam skala intensitas II MMI.

Guncangan gempa dirasakan oleh banyak orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Daryono menyebutkan, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan sebagai dampak dari gempa tersebut.

"Hingga pukul 7.56 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock)," lanjut dia.

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Penyebab Gempa Aceh 5,3 M 14 November 2020

Sesar Garsela

Menilik kejadian gempa yang terjadi pagi ini, Daryono mengatakan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu adanya aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan).

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (2/11/2020), ada enam hal yang perlu diketahui mengenai Sesar Garsela, antara lain:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X