3 Langkah Ignasius Jonan Berkebun Hidroponik di Rumah, Cocok Dicontoh Pemula

Kompas.com - 17/09/2020, 17:07 WIB
ignasius jonan di tengah kebun hidroponik miliknya Dok. Ignasius Jonanignasius jonan di tengah kebun hidroponik miliknya


KOMPAS.com – Memenuhi kebutuhan pangan khususnya sayur pada masa pandemi ini bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah lewat aktivitas berkebun sederhana.

Hal itu yang coba dilakukan mantan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral Ignasius Jonan.

Semenjak pensiun dari kabinet Oktober 2019 lalu ia memulai hobi baru yakni berkebun hidroponik di pekarangan rumahnya.

Baca juga: Kisah Ignasius Jonan Berkebun Hidroponik, Manfaatkan Waktu Pensiun

“Waktu saya pensiun kan kegiatannya langsung menurun banyak. Jadi cari hobi yang kira-kira bisa menarik saya dan ada manfaatnya baik untuk saya atau orang lain,” kata Jonan ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

“Menarik bagi saya ya kira-kira hal yang tidak pernah saya lakukan dalam hidup yaitu bercocok tanam,” sambung dia.

Langkah Jonan berkebun hidroponik di rumah bisa kamu contoh, khususnya bagi pemula yang ingin mulai berkebun, seperti berikut: 

1. Mulai instalasi hidroponik

Jonan pun mencoba untuk mencari tahu lebih lanjut soal bercocok tanam dengan cara hidroponik ini lewat internet. Setelah itu ia pun meminta orang untuk memasang instalasi sistem hidroponik di rumahnya.

lokasi talang air di rooftop rumahnya tempat ignasius jonan menanam sayuran hidroponiknyaDok. Ignasius Jonan lokasi talang air di rooftop rumahnya tempat ignasius jonan menanam sayuran hidroponiknya

Ia bersama seorang penjaga rumahnya kemudian belajar pada orang yang menginstal sistem hidroponik tersebut, ditambah dengan belajar sendiri lewat internet.

“Ya sudah berdua saja kita coba. Dia juga enggak biasa (hidroponik) jadi ya kita berdua belajar bareng-bareng lah, coba saja. Buktinya kan bisa ya.”

2. Pilih tanaman

Semenjak memulai hobi barunya ini pada akhir 2019 hingga kini pria 57 tahun ini sudah memiliki empat klaster hidroponik yang tersebar di pekarangan dan area rooftop rumahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X