Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Menggoyang Tabung Gas Bisa Sebabkan Ledakan

Kompas.com - 15/11/2020, 12:38 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Tersiar narasi di media sosial bahwa tabung gas, termasuk tabung gas kosong, yang digoyang-goyangkan dapat meledak. 

Narasi itu memuat video yang menayangkan dua orang tengah memperbaiki dan menggoyangkan sebuah tabung gas, lantas tabung gas itu meledak.

Pertamina menegaskan narasi itu tidak benar.

Tabung gas yang digoyang-goyangkan tidak mungkin meledak, kecuali ada situasi lain yang memicu terjadinya ledakan.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Maya Fitria pada 7 November 2020 menulis status soal peringatan untuk tidak menggoyang-goyangkan tabung gas, termasuk tabung gas kosong, karena dapat menimbulkan ledakan dahsyat.

Akun tersebut juga mengunggah video yang merekam aksi dua orang sedang mengayun-ayunkan sebuah tabung gas dan seketika tabung gas itu meledak.

Berikut isi utuh status akun tersebut:

"LARANGAN KERAS!!! TABUNG GAS tdk boleh di GOYANG2, sekali pun TABUNG kosong, bisa menimbulkan LEDAKAN YG DAHSYAT!!! SEBARKAN
Silahkan lihat gambar dua orang ini sedang memper baiki tabung gas yg mampet dengan cara di goyang goyang akibat nya tabung meledak ber keping2 termasuk tubuh dua orang hancur .
sekali lagi hati2 tabung jangan di goyang. Tolong bantu di share ya kepada yang belum tahu demi keselamatan teman & sdra kita."

Status Facebook dengan narasi keliru soal tabung gas dapat meledak jika digoyang-goyangkan. Facebook Status Facebook dengan narasi keliru soal tabung gas dapat meledak jika digoyang-goyangkan.

Bantahan

Pjs. VP Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari menegaskan, informasi bahwa tabung gas digoyang-goyangkan dapat meledak tidak benar.

"Tidak benar. Tabung gas ketika diangkut truk juga bergoyang-goyang jika jalanan tidak mulus," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (14/11/2020).

Heppy menjelaskan situasi yang dapat membuat tabung gas meledak.

Ledakan dapat terjadi jika gas elpiji bocor atau keluar dari tabung di ruangan tertutup dan disertai pemicu seperti api atau arus pendek.

"Jika kemudian ada pemicu seperti api atau arus pendek, bisa terjadi ledakan," katanya.

Soal video yang diunggah akun Facebook di atas, Heppy menilai video tersebut terlihat sudah disunting.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tabung gas digoyang-goyangkan dapat meledak tidak benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com