Ilmuwan Temukan "Senapan" Plasma, Diklaim Bisa Bunuh Corona dalam 3 Menit

Kompas.com - 15/11/2020, 11:01 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Salah satu masalah terkait penyebaran virus corona adalah kemampuan virus yang dapat bertahan hidup di permukaan selama berjam-jam.

Pada permukaan benda padat, virus corona dapat diatasi dengan penyemprotan disinfektan. 

Namun, bagaimana dengan permukaan benda yang menyerap air seperti karton?

Dikutip Science Alert, 11 November 2020, para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu menemukan "senapan" plasma dingin yang bisa menonaktifkan virus corona di permukaan benda dalam 30 detik tanpa merusak materi benda.

Virus penyebab penyakit Covid-19 itu bahkan akan hancur jika terus kontak dengan plasma selama 3 menit.

Plasma adalah bentuk materi keempat selain benda cair, padat, dan gas. Biasanya plasma terbentuk secara alami di bagian luar atmosfer.

Baca juga: Update Corona Global: 54,2 Juta Kasus | 3 Negara dengan Kasus Terbanyak 2 Bulan Berturut

Muatan tersebut akan terbentuk ketika elektron dipisahkan dari atomnya (membuat atom bermuatan positif), dan bersama-sama menciptakan sup partikel bermuatan yang tidak stabil dan lebih reaktif daripada dalam keadaan gas ekuivalennya.

Plasma dingin telah terbukti dapat melawan bakteri yang resistan terhadap obat, bahkan melawan sel kanker. Hal itu menganggu struktur permukaan dan DNA virus tanpa merusak jaringan manusia.

Penelitian plasma dingin untuk virus corona ini dipimpin Zhitong Chen dari University of California di Los Angeles.

Chen, Wirz, dan rekannya merancang dan mencetak 3D perangkat jet plasma atmosfer yang digerakkan gas argon (elemen inert dan stabil yang merupakan salah satu gas paling melimpah di udara).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X