Waspada Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Ini

Kompas.com - 31/10/2020, 15:24 WIB
Ilustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampaknya pada Indonesa dapat menyebabkan curah hujan yang tinggi dan berakibat pada bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor. SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYAIlustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampaknya pada Indonesa dapat menyebabkan curah hujan yang tinggi dan berakibat pada bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor.

KOMPAS.com - Musim hujan yang mulai terjadi di wilayah Indonesia membuat sejumlah daerah harus waspada.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi dan Geofisika ( BMKG) Agie Wandala mengatakan, pada hari ini Sabtu (31/10/2020), dampak dari cuaca ekstrem akan menyebabkan sejumlah wilayah di Pulau Jawa diprediksi akan diguyur hujan sore ini.

"Kalau dilihat dari potensi dampak dari cuaca ekstrem, Pulau Jawa cukup banyak hari ini yang akan mengalami hujan sore nanti," ujar Agie, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Berdasarkan pantauan dari BMKG yang berlaku mulai Sabtu (31/10/2020) pukul 07.00 WIB sampai dengan Minggu (1/11/2020) pukul 07.00 WIB, terdapat sejumlah wilayah di Indonesia yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat.

Baca juga: Apa Itu Gelombang MJO pada Fase Awal La Nina?

Potensi hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah-wilayah ini:

  1. DKI Jakarta (SIAGA)
  2. Jawa Barat (SIAGA)
  3. Aceh (WASPADA)
  4. Sumatera Utara (WASPADA)
  5. Sumatera Barat (WASPADA)
  6. Sumatera Selatan (WASPADA)
  7. Lampung (WASPADA)
  8. Banten (WASPADA)
  9. Jawa Tengah (WASPADA)
  10. DI Yogyakarta (WASPADA)
  11. Jawa Timur (WASPADA)
  12. Kalimantan Utara (WASPADA)
  13. Kalimantan Tengah (WASPADA)
  14. Kalimantan Selatan (WASPADA)
  15. Sulawesi Barat (WASPADA)
  16. Sulawesi Selatan (WASPADA)

Agie mengatakan, daftar wilayah tersebut merupakan hasil rangkuman dari pantauan BMKG di tiap-tiap provinsi.

Untuk melihat wilayah yang lebih spesifik, Agie mengatakan masyarakat bisa mengakses laman https://signature.bmkg.go.id/.  

"Rangkumannya masih tingkat provinsi. Tapi bisa dilihat lebih detil di link tersebut," kata Agie.

Hujan dan angin kencang  

Sementara itu, di media sosial, beredar beberapa video yang mereka hujan deras disertai angin kencang di wilayah DI Yogyakarta.  

Dalam video yang beredar, terlihat hujan deras disertai angin kencang terjadi di Jalan Raya Piyungan - Prambanan, DI Yogyakarta.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X