Perhatikan, Ini Cara Merawat Masker Kain

Kompas.com - 31/10/2020, 08:03 WIB
Cara-cara untuk menanggulangi pandemi flu Spanyol di tahun 1918 seperti penggunaan masker kembali digunakan di masa pandemi Covid-19. ABC NEWS/SIMON WINTER via ABC INDONESIACara-cara untuk menanggulangi pandemi flu Spanyol di tahun 1918 seperti penggunaan masker kembali digunakan di masa pandemi Covid-19.


KOMPAS.com - Penggunaan masker kini diwajibkan bagi siapa saja untuk mencegah penularan virus corona.

Ada beragam pilihan yang dijual di pasar, mulai dari masker medis sekali pakai hingga masker kain yang bisa berulang kali digunakan dengan cara dicuci.

Masker kain tiga lapis direkomendasikan bagi mereka yang tidak sakit. Selain stoknya yang tidak terbatas, masker nonmedis juga dinilai ramah terhadap lingkungan dan lebih ekonomis karena bisa digunakan berulang kali.

Namun, yang kerap diabaikan, penanganan penggunaan masker kain sehingga efektif mencegah virus.

Tidak jarang, banyak yang menyimpan masker di dalam tas atau saku, kemudian memakainya kembali dengan alasan belum lama dipakai. Alasan ini tak bisa dibenarkan.

Melansir The Guardian23 Oktober 2020, masker kain sebaiknya dicuci setiap kali setelah digunakan.

Bisa saja dikenakan kembali setelah digunakan sesaat. Tetapi, pastikan proses pelepasan, penyimpanan, hingga pemakaian setelahnya benar-benar aman.

Misalnya, mulai dari melepasnya dengan memegang bagian talinya, kemudian menyimpannya di tas yang tertutup, tangan selalu dibersihkan dengan hand sanitizer sebelum dan sesudah menggunakan masker.

Selain itu, terlalu sering menyimpan masker bekas pakai dan menggunakannya kembali bisa menambah potensi penularan.

Baca juga: Hubungan Pemakaian Masker dengan Ciri Kepribadian Antisosial...

Cuci setiap setelah dipakai

Perlu diketahui, sesingkat apa pun kita menggunakan masker, sudah terkumpul cairan yang berasal dari pernapasan, saat bicara, tertawa, bersin, serta peluang kontaminasi yang berasal dari luar tubuh penggunanya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X