Upah Minimum 2021 Tak Naik, Ini Tips agar Keuangan "Aman" di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 28/10/2020, 08:09 WIB
Ilustrasi uang KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi uang

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjan Ida Fauziyah telah menerbitkan surat edaran (SE) yang ditujukan kepada Gubernur se-Indonesia terkait upah minimum.

Surat Edaran Nomor M/11/HK.04/2020 tersebut mengatur tentang penetapan upah minimum tahun 2021 pada masa pandemi Covid-19.

Dalam surat ini, pemerintah memutuskan upah minimum 2021 tidak mengalami kenaikan, alias setara dengan upah minimum tahun ini.

Lantas, bagaimana agar kondisi keuangan tetap aman dengan upah minimum yang tidak mengalami kenaikan ini?

Menurut perencana keuangan Eko Endarto, meski upah tidak mengalami kenaikan, kondisi pengeluaran seharusnya tidak akan berubah besar.

"Sebenarnya kalau kita telisik lagi, pengeluaran juga tidak akan berubah besar, karena inflasi tidak tinggi," kata Eko saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/10/2020) malam.

"Bahkan deflasi, jadi sebenarnya secara teknis naik tidak naik (upah minimum) tidak terlalu bermasalah," lanjutnya.

Baca juga: Ini Alasan Menaker Putuskan Upah Minimum 2021 Tidak Naik

 

Meski demikian, Eko mengungkapkan pentingnya perencanaan keuangan yang bijak untuk tetap dilakukan, apalagi saat pandemi virus corona seperti ini.

"Karena pandemi, yang harus diantisipasi adalah kelangsungan pendapatan. Jadi, perhatikan dana cadangan dan proteksi," jelasnya.

Adapun, besar dana cadangan adalah sekitar 6 bulan pengeluaran bulanan. Sedangkan dana proteksi disesuaikan dengan kebutuhan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X