Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Lebah dan Tawon Berikut Ini

Kompas.com - 25/10/2020, 07:30 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Seorang pemuda di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) diduga tewas karena disengat tawon.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (24/10/2020) Kapolres Kotabaru AKP Abdul Jalil mengatakan, korban saat itu berencana mengambil madu dari sebuah sarang tawon yang berada di kebun sawit bersama rekannya.

Namun, saat kejadian rekan korban tidak berani mendekat, apalagi ikut mengambil madu.

Sehingga rekan korban hanya menunggu dari kejauhan. Karena korban tidak segera kembali, rekannya pun cemas dan meminta pertolongan warga untuk mencari korban.

Jalil mengatakan, korban akhirnya ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di kubangan air, tidak jauh dari sarang tawon yang akan diambil madunya.

Baca juga: Diduga Diserang Kawanan Tawon, Pria Ini Ditemukan Tewas di Kubangan Air

Saat ditemukan, kepala korban terbungkus plastik pupuk transparan. Diduga, saat korban diserang dan disengat kawanan tawon, dia berusaha menutup kepalanya dengan plastik pupuk sebelum menceburkan diri ke kubangan air.

Jalil mengatakan, ada 14 ekor tawon yang ditemukan dalam pakaian korban. Selain karena sengatan tawon, dia menyebut, korban juga diduga tewas karena kehabisan oksigen akibat tenggelam di kubangan air.

Beda tawon dan lebah

Terdapat perbedaan antara tawon dan lebah, meskipun keduanya serangga yang sekilas sama. Keduanya sama-sama hidup berkelompok, dan memiliki sengat sebagai alat pertahanan diri mereka.

Namun, dilansir dari BBC, 29 Agustus 2018, terdapat cukup banyak perbedaan dari kedua serangga itu. Mulai dari cara hidup, makanan, dan perilaku ketika merasa diganggu.

Baca juga: Hendak Ambil Madu di Kebun Sawit, Pemuda ini Tewas Disengat Kawanan Tawon

Tawon

Sarang tawon Vespa affinis yang berhasil dievakuasi dari plafon atap rumah wargaKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sarang tawon Vespa affinis yang berhasil dievakuasi dari plafon atap rumah warga

Sama seperti lebah, serangga ini juga membuat sarang sebagai tempat tinggal koloni mereka. Namun, tawon tidak memproduksi madu seperti halnya lebah.

Sarang tawon adalah struktur yang kompleks dan terdiri dari banyak lapisan, serta memiliki bobot yang ringan. Sarang ini terbuat dari gumpalan kayu yang telah mereka kunyah.

Tawon tergolong serangga karnivora. Mereka bisa memangsa serangga-serangga lain, seperti capung, untuk memenuhi kebutuhan makanannya. Dalam hal pertahanan diri, tawon diketahui lebih agresif daripada lebah.

Mereka juga bisa menggunakan sengat berkali-kali, berbeda dengan lebah yang begitu menyengat langsung tewas. Namun meskipun demikian, hanya tawon betina yang bisa menyengat.

"Sengat tawon seperti jarum suntik, sehingga setelah menyengat dapat dicabut kembali," kata Hari Nugroho, peneliti serangga dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com