Studi: Kasus Kematian Corona AS Bisa Mencapai 500.000 Tahun Depan

Kompas.com - 25/10/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi Covid-19 Shutterstock/PetovargaIlustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Lebih dari 500.000 kasus kematian akibat Covid-19 diperkirakan dapat terjadi di Amerika Serikat (AS) hingga akhir Februari 2021. 

Perkiraan ini merupakan hasil dari studi pemodelan dalam sebuah penelitian oleh Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), University of Washington.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine, Jumat (23/10/2020).

Namun, ratusan ribu nyawa masih mungkin bisa diselamatkan apabila semua orang disiplin mengenakan masker.

Kematian di wilayah padat

Hasil dari pemodelan menunjukkan bahwa dengan sedikit opsi perawatan Covid-19 yang efektif dan vaksin yang belum tersedia, AS mengalami tantangan kesehatan publik yang terus terjadi dari Covid-19.

"Dengan skenario yang dievaluasi di sini, AS kemungkinan besar menghadapi tantangan kesehatan publik yang terus menerus dari Covid-19 hingga 28 Februari 2021 dan selanjutnya," tulis IHME dalam studinya sebagaimana dikutip US News, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: 10 Mitos tentang Virus Corona Penyebab Covid-19, Masihkah Anda Percaya?

Negara-negara bagian dengan kepadatan penduduk tinggi seperti California, Texas, dan Florida berpotensi menghadapi tingkat infeksi, kematian, dan permintaan unit layanan intensif yang tinggi sebagai akibat dari pandemi tersebut.

"Banyak negara akan menghadapi tekanan yang besar pada kapasitas rumah sakit dan kemungkinan harus memberlakukan kembali beberapa kebijakan pembatasan dan social distancing," kata IHME.

Dalam sebuah update minggu ini, IHME juga menyebut bahwa lonjakan saat ini di AS kemungkinan akan semakin intens pada November dan Desember, serta mencapai puncaknya pada Januari 2021.

"Kami memperkirakan lonjakan dengan pertumbuhan tetap di negara-negara bagian dan secara nasional," kata Direktur IHME Chris Murray seperti dikutip The Straits Times, Sabtu (24/10/2020).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X