INFOGRAFIK: Daftar Komorbid yang Bisa Memperparah Kondisi jika Terpapar Covid-19

Kompas.com - 13/10/2020, 19:05 WIB
Daftar Komorbid yang Bisa Perparah Kondisi jika Terpapar Covid-19 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoDaftar Komorbid yang Bisa Perparah Kondisi jika Terpapar Covid-19

KOMPAS.com - Virus corona dapat menerang siapa saja tanpa pandang bulu dan mengakibatkan gejala atau tingkat keseriusan yang berbeda-beda.

Salah satu kelompok yang berisiko mengalami gejala serius jika terpapar infeksi virus corona adalah mereka yang memiliki penyakit bawaan tertentu atau komorbid.

94 persen kasus kematian Covid-19 di Amerika Serikat terjadi pada pasien dengan komorbiditas atau memiliki penyakit penyerta.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Flu dengan Covid-19?

Hal itu sebagaimana laporan yang dikeluarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) beberapa waktu lalu.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta anggota keluarga yang memiliki komorbid agar dipisahkan dari anggota keluarga yang berusia muda.

Pasalnya, anggota keluarga berusia muda berpotensi menjadi pembawa virus corona tanpa menunjukkan gejala, sehingga dapat berbahaya bagi anggota keluarga dengan komorbid.

Baca juga: Perhatikan, Ini Daftar Komorbid yang Bisa Perparah Kondisi jika Terpapar Covid-19

Selengkapnya terkait daftar komorbid yang bisa memperparah kondisi jika terpapar Covid-19 dapat disimak di infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Daftar Komorbid yang Bisa Perparah Kondisi jika Terpapar Covid-19

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X