Ganti Lagi, Ini Logo KAI dari Masa ke Masa

Kompas.com - 04/10/2020, 13:04 WIB
Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dok PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero).

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi mengubah logo perusahaan berbarengan dengan perayaan ulang tahunnya yang ke-75.

VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, mengungkapkan perubahan logo dimaknai sebagai upaya transformasi perusahaan yang berkelanjutan.

Selain itu, perubahan logo diharap memberikan spirit baru bagi PT KAI dan menjadikan momentum untuk dapat bertahan pada masa pandemi, serta terus berkembang di masa yang akan datang.

Diketahui, perusahaan perkeretaapian ini telah berganti logo sebanyak lima kali.

Baca juga: Ultah ke-75, KAI Ubah Logo Perusahaannya

Bagaimana sejarah pergantian logo KAI?

Dwajatan Kereta Api

Dilansir dari situs resmi PT KAI, berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) diperingati saat pengambil alih Kantor Pusat Kereta Api Bandung pada 28 September 1945.

Pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia.

Ketika Belanda kembali ke Indonesia tahun 1946, Belanda membentuk kembali perkeretaapian di Indonesia bernama Staatssporwegen/Verenigde Spoorwegbedrif (SS/VS), gabungan SS dan seluruh perusahaan kereta api swasta (kecuali DSM).

Berdasarkan perjanjian damai Konferensi Meja Bundar (KMB) Desember 1949, dilaksanakan pengambilalihan aset-aset milik pemerintah Hindia Belanda.

Pengalihan dalam bentuk penggabungan antara DKARI dan SS/VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) pada tahun 1950.

Pada September 1953, desain logo roda bersayap berwarna hijau tua mulai digunakan pada bagian depan dan belakang lokomotif.

Diketahui, roda tersebut memiliki sayap kembar dengan lima helai.

Logo ini kemudian dijadikan logo lokomotif hingga transformasi perusahaan menjadi Perum (perusahaan umum) pada awal tahun 1991.

Baca juga: HUT Ke-75 KAI, KA Wisata Bagikan Diskon Perjalanan Kereta Wisata 7,5 Persen

Tangkapan layar logo KAI dari masa ke masa. Tangkapan layar logo KAI dari masa ke masa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X