Sertifikat Prakerja Tak Muncul di Dashboard? Ikuti Langkah-langkah Ini

Kompas.com - 25/09/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja prakerja.go.idIlustrasi Kartu Prakerja

KOMPAS.com - Saat ini program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang 9 dan tinggal menunggu waktu hingga gelombang 10 dibuka.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang mengalami kendala baik saat mendaftar maupun setelah menjalankan program tersebut.

Direktur Operasi Kartu Prakerja, Hengki Sihombing, mengatakan pertanyaan atau kendala yang paling banyak dilaporkan adalah terkait sertifikat usai peserta mengikuti pelatihan.

"Paling banyak tentang kenapa sertifikat peserta belum tampil di dashboard," ujar Hengki melalui siaran Instagram live akun resmi Prakerja pada Jumat (25/9/2020).

Padahal sertifikat pelatihan merupakan salah satu syarat peserta bisa mendapatkan insentif.

Dia pun kemudian menjelaskan alur peserta, mulai dari ikut pelatihan hingga mendapat insentif Prakerja.

Saat seseorang terpilih sebagai peserta Prakerja, mereka akan mendapatkan saldo sebesar Rp 1 juta untuk mengikuti pelatihan.

Saldo itu ada di rekening atau e-wallet yang didaftarkan peserta dan bisa dicek di dashboard masing-masing pada laman prakerja.go.id.

Baca juga: Sudah 9 Gelombang, Berapa Sisa Kuota Kartu Prakerja Tahun 2020?

Kemudian, kata dia, peserta memilih pelatihan yang ingin diikuti. Setelah menyelesaikan pelatihan, lembaga pelatihan akan melaporkan data peserta itu ke platform digital.

"Misalnya pelatihan memasak atau make up beli di Tokopedia, dengan lembaga pelatihannya misal dandan.id. Maka dandan.id akan melaporkan bahwa peserta telah menyelesaikan pelatihan ke Tokopedia," ungkapnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X