Siap-siap Cek Rekening, Subsidi Gaji Tahap IV Cair bagi 2,65 Juta Pekerja

Kompas.com - 25/09/2020, 16:18 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah, bantuan pemerintah, bantuan karyawan ShutterstockIlustrasi gaji, rupiah, bantuan pemerintah, bantuan karyawan

KOMPAS.com - Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji dari pemerintah untuk pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang pendapatannya di bawah Rp 5 juta, sudah mulai dicairkan.

Subsidi gaji tahap ini telah diproses bagi 2,65 juta pekerja yang sesuai dengan kriteria Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 dan telah memiliki kelengkapan data yang dibutuhkan.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Rabu (23/9/2020) melalui keterangan resmi yang disampaikan Biro Humas Kemenaker.

"Alhamdulillah, proses cek kelengkapan data sudah selesai. Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke KPPN," kata Ida.

Baca juga: Belum Dapat Bantuan Subsidi Gaji? Simak 3 Kemungkinan Berikut Ini

150.000 data dikembalikan

Sementara itu, sisanya sebanyak kurang lebih 150.000 data pekerja dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya.

"Hal ini kami lakukan agar betul-betul penerima subsidi upah/gaji tepat sasaran," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Ketenagakerjaan (@kemnaker) on Sep 24, 2020 at 5:23pm PDT

 

Selanjutnya, data rekening pekerja yang telah disampaikan ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) akan ditindaklanjuti dengan ditransfernya dana oleh KPPN ke bank-bank penyalur yang tergabung dalam Himbara (himpunan bank-bank milik negara).

Setelah itu, bank-bank penyalur tersebut akan mengirimkan uang subsidi langsung pada rekening pekerja.

“Kami berharap penyaluran tahap IV ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap I, II, dan III, sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi upah/gaji bisa tercapai,“ harap Menaker.

Baca juga: Tak Hanya Pekerja, Korban PHK Juga Berhak Dapat Bantuan Subsidi Upah, Ini Caranya...

Total penerima

Berdasarkan data sebelumnya per 22 September 2020, realisasi penyaluran subsdi gaji tahap I telah mencapai 99,38 persen, dari 2,5 juta daftar pekerja, 2.484.429 di antaranya telah menerima subsidi.

Sementara tahap II penyalurannya sudah mencapai 99,36 persen, dan tahap III sudah mencapai 95 persen.

Atas banyaknya pertanyaan atau keluhan yang datang terkait subsidi upah ini, Kemenaker menyediakan layanan pengaduan khusus di laman http://bantuan.kemnaker.go.id.

Para pekerja yang memiliki keluhan atau pertanyaan bisa memanfaatkan laman layanan tersebut untuk mencari tahu informasi yang dibutuhkan.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Bantuan Rp 600.000 untuk Karyawan Bergaji di Bawah Rp 5 Juta


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X