Hari Ini dalam Sejarah: Gempa 7,6 M di Taiwan, 2.400 Orang Tewas

Kompas.com - 21/09/2020, 10:56 WIB
Ilustrasi gempa bodnarchukIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Hari ini 21 tahun lalu, tepatnya 21 September 1999, gempa bumi dahsyat mengguncang Taiwan dan menewaskan sekitar 2.400 orang.

Gempa itu juga mengakibatkan kerugian ribuan dollar AS dan menyebabkan sekitar 100.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Gempa itu merupakan yang terparah sejak gempa Taiwan pada 1935 yang menewaskan 3.200 orang.

Melansir History, pada pukul 1.47 dini hari, ketika sebagian besar warga Taiwan tengah menantikan Festival Musim Gugur tahunan, negara itu diguncang gempa bumi berkekuatan 7,6 skala richter.

Gempa itu berpusat di Taiwan tengah di sepanjang pantai barat dekat Nantou dan Taichung, tetapi kerusakan parah terjadi di seluruh negeri.

Gempa yang terjadi sangat dahsyat hingga menyebabkan jalanan patah, dan menyebabkan tanah longsor yang membelokkan aliran sungai, serta menyebabkan pembentukan danau dadakan.

Kondisi itu semakin diperparah dengan lima gempa susulan yang berkekuatan setidaknya 6,0 magnitudo dalam waktu 30 menit setelah gempa besar.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa 8,1 M Guncang Meksiko, 10.000 Orang Tewas

Struktur bangunan lemah

Gempa itu menunjukkan betapa lemahnya struktur bangunan di Taiwan pada masa itu. 

Sebuah hotel dengan 12 lantai di Taipei rata dengan tanah, sementara sebuah bangunan 14 lantai di Dongshi ambruk.

Gempa tersebut mengungkap fakta bahwa banyak proyek konstruksi dikerjakan dengan buruk selama era pembangunan Taiwan pada 1990-an.

Halaman:
Baca tentang

Sumber History
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X