Daftar 5 Negara Termuda di Dunia

Kompas.com - 20/09/2020, 20:30 WIB
Peta dunia ShutterstockPeta dunia

KOMPAS.com - Ada ratusan negara yang kini telah diakui keberadaannya di dunia, setelah memenuhi beragam syarat.

Adapun, alasan dari terbentuknya negara tertentu pun dapat berbeda-beda, mulai dari konflik hingga kepemilikan entitas dan kedaulatannya sendiri.

Proses kesepakatan hingga pendeklarasian kemerdekaan dari tiap-tiap negara pun berbeda-beda, termasuk waktunya.

Ada negara-negara yang sudah terbentuk lama dan ada pula yang masih tergolong "muda".

Baca juga: WHO Dukung Uji Coba Obat Herbal dari Afrika untuk Atasi Corona

Dilansir US News, 19 Desember 2019, berikut adalah lima negara termuda di dunia:

1. Sudan Selatan

Anak-anak di Sudan Selatan menampilkan tarian dan nyanyian tradisional saat menyambut rombongan UNESCO di Juba, pada Desember 2017 lalu.Albert Gonzalez Farran / AFP Anak-anak di Sudan Selatan menampilkan tarian dan nyanyian tradisional saat menyambut rombongan UNESCO di Juba, pada Desember 2017 lalu.

Sudan Selatan, negara dengan lebih dari 12 juta populasi ini baru mendeklarasikan kemerdekannya di tahun 2011, yaitu 9 tahun yang lalu.

Sudan Selatan memperoleh kemerdekaan dari Sudan setelah perang sipil selama bertahun-tahun, tetapi berbagai konflik kekerasan masih terus terjadi di negara ini. 

Perang sipil pecah di Sudan Selatan pada 2013 saat para pemimpin politik dari kelompok etnis yang berbeda bersaing untuk mendapatkan kekuasaan.

Lebih dari 50.000 orang telah tewas dan lebih dari 1,6 juta mengungsi selama konflik terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X