Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Vaksin Virus Corona Tersedia, Lalu Bagaimana Selanjutnya?

Kompas.com - 01/09/2020, 08:01 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembangan vaksin tengah dilakukan oleh berbagai pihak di dunia dengan tujuan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang masih menjadi pandemi hingga kini.

Hingga kini, ada lebih dari 170 vaksin virus corona yang tengah berada dalam tahap penelitian, termasuk 7 calon vaksin yang telah memasuki uji coba tahap 3.

Melansir New York Times, Kamis (27/8/2020), setidaknya 88 kandidat vaksin tengah menjalani masa uji praklinis aktif di laboratorium seluruh dunia.

Sementara, 67 di antaranya telah dijadwalkan untuk memulai uji klinis sebelum akhir 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim riset vaksin Covid-19 di Indonesia sendiri menyebut akan mempercepat proses pemeriksaan para relawan vaksin dengan menambah frekuensi pengetesan.

Ketua Tim Riset Vaksin dari Fakultas Kedokteran Unpad Kusnandi Rusmil mengatakan, percepatan uji klinis ini lantaran belum ada obat yang secara ilmiah dan efektif bisa menyembuhkan pasien yang terpapar Covid-19.

Baca juga: Cek Fakta Sepekan: Hoaks Vaksin Covid-19 Bikin Mandul hingga Ivermectin Obat Corona

Setelah vaksin disetujui nantinya, bagaimana proses selanjutnya?

Permulaan

Melansir Washington Post, 2 Agustus 2020, jika nantinya ada vaksin yang telah terbukti aman dan efektif digunakan, itu baru permulaan.

Menyebarkan vaksin ke orang-orang di seluruh dunia akan menjadi tugas selanjutnya dengan jaringan distribusi, rantai pasokan, kepercayaan publik, hingga kerja sama global.

Untuk dapat menyalurkan vaksin-vaksin tersebut, diperlukan waktu berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun.

Dengan kata lain, vaksin adalah penanda dari sebuah proses yang masih sangat panjang.

Dan seberapa panjang proses tersebut ditentukan oleh keefektifan vaksin, keberhasilan menyalurkan ratusan juta dosis vaksin, dan kerelaan orang-orang untuk disuntik vaksin.

"Ada harapan yang tinggi pada vaksin ini," kata Pusat Kerjasama Flu WHO di Melbourne, Kanta Subbarao sebagaimana dikutip The Atlantic, 25 Juli 2020.

Menurut Subarrao, orang-orang berekspektasi demikian karena tidak siap dengan fakta yang sesungguhnya.

Baca juga: Peneliti Sarankan Jangan Terlalu Berharap pada Vaksin, Ini Alasannya

Vaksin dan imun

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan tanda suntik vaksin di puskesmas Garuda, kecamatan Andir, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/8/2020). Ridwan Kamil mendapatkan penyuntikan pertama sebagai relawan pada uji klinis tahap III vaksin COVID-19 Sinovac.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan tanda suntik vaksin di puskesmas Garuda, kecamatan Andir, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/8/2020). Ridwan Kamil mendapatkan penyuntikan pertama sebagai relawan pada uji klinis tahap III vaksin COVID-19 Sinovac.
Sementara, bagi mereka yang memperoleh vaksin segera setelah tersedia, perlindungan juga tidak langsung terjadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com