Vitamin B Disebut Bisa Kurangi Dampak Terburuk Covid-19, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 29/08/2020, 10:15 WIB
Ilustrasi vitamin B12 3D_generatorIlustrasi vitamin B12

KOMPAS.com - Para dokter dan peneliti masih berusaha menemukan metode pengobatan yang tepat untuk memperlambat, atau menghentikan Covid-19.

Termasuk memperlambat dan menghentikan reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh terhadap Covid-19, yang biasa disebut badai sitokin.

Badai sitokin termasuk salah satu penyebab utama kematian pada pasien positif Covid-19. Sistem kekebalan tubuh, yang seharusnya melindungi, karena bereaksi berlebihan justru menjadi mematikan.

Pada awalnya, para ahli di dunia nutrisi merekomendasikan konsumsi vitamin C dan vitamin D, yang dapat memperkuat sistem kekebalan. Bila sistem kekebalan diperkuat, maka ada potensi untuk menghentikan badai sitokin sebelum dimulai.

Namun, melansir Yahoo Life, Sabtu (28/8/2020) dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal sains internasional Maturitas, para ilmuwan kini merekomendasikan vitamin jenis lain yang kerap disepelakan, yaitu vitamin B.

Baca juga: Mengenal Badai Sitokin yang Bisa Sebabkan Kematian pada Pasien Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat vitamin B

Studi tersebut, yang merupakan kolaborasi bersama antara para peneliti di Universitas Oxford, Universitas Uni Emirat Arab dan Universitas Melbourne, mengemukakan analisis lebih lanjut tentang efek vitamin B pada pasien dengan Covid-19.

"Vitamin B ... memainkan peran penting dalam fungsi sel, metabolisme energi, dan fungsi kekebalan yang tepat," tulis studi itu.

"Vitamin B membantu aktivasi yang tepat dari respons imun bawaan dan adaptif, mengurangi tingkat sitokin pro-inflamasi, meningkatkan fungsi pernapasan, menjaga integritas endotel, mencegah hiperkoagulasi dan dapat mengurangi masa rawat inap di rumah sakit," tulis studi itu.

Meski penelitian itu sendiri tidak menganalisis efek vitamin B pada pasien Covid-19 secara langsung, tetapi studi itu mengatakan bukti yang ada tentang bagaimana vitamin B berfungsi menunjukkan bahwa itu akan sangat bermanfaat.

“Vitamin B tidak hanya membantu membangun dan memelihara sistem kekebalan yang sehat, tetapi juga berpotensi mencegah atau mengurangi gejala Covid-19 atau mengobati infeksi SARS-CoV-2,” tulis mereka.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X