WHO Rekomendasikan Tes Covid-19 pada Orang Tanpa Gejala, Ini Alasannya

Kompas.com - 28/08/2020, 13:56 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

 

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengatakan, negara-negara harus secara aktif melakukan pengujian kepada warganya untuk menemukan kasus-kasus Covid-19, meskipun tidak ditunjukkan gejala.

Imbauan ini disampaikan WHO pada Kamis (27/8/2020) lalu.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah badan kesehatan Amerika Serikat (AS), yaitu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengubah kebijakannya yang mengatakan bahwa orang tanpa gejala tidak perlu dites meski pernah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi. 

Sebelumnya, pedoman CDC mengimbau para petugas kesehatan lokal untuk melakukan tes pada orang-orang yang pernah berada pada jarak 1,8 meter dari orang yang terinfeksi selama lebih dari 15 menit. 

Baca juga: WHO: Pandemi Corona Melambat, Kecuali di Asia Tenggara dan Mediterania Timur

Sangat fundamental

Melansir AP News, Kamis (27/8/2020), Ketua Teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove mengatakan, saat para petugas menginvestigasi klaster Covid-19, pengujian perlu diperluas untuk mencari individu yang terinfeksi dengan kondisi lebih ringan atau bahkan tanpa gejala. 

Van Kerkhove menyebut bahwa tiap-tiap negara bebas untuk mengadaptasi panduan tes dari WHO untuk kebutuhan individunya.

Namun demikian, dia mengingatkan tes adalah sebuah instrumen yang sangat penting dalam pandemi ini.

"Apa yang menjadi sangat penting adalah bahwa tes digunakan sebagai sebuah kesempatan, untuk menemukan kasus-kasus aktif sehingga mereka dapat diisolasi dan penelusuran kontak pun dapat dilakukan dengan baik," kata Van Kerkhove.

Menurut dia, tahap ini bersifat sangat fundamental untuk menghentikan rantai penularan.

Baca juga: Positivity Rate Indonesia 14 Persen, Melebihi Standar Aman WHO

Perilaku masyarakat

Van Kerkhove juga mengungkapkan perhatiannya pada perilaku publik yang mulai menunjukkan persepsi bahwa penggunaan masker membuat mereka tidak lagi harus menjaga jarak dengan orang lain.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X