110 Relawan di Bandung Telah Disuntik Vaksin Corona, Tim Uji Klinis Klaim Tak Ada Keluhan

Kompas.com - 24/08/2020, 16:06 WIB
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/M Agung RajasaPetugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz *** Local Caption ***

KOMPAS.com - Uji Klinis fase 3 kandidat vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac, masih berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

Proses penyuntikan calon vaksin virus corona kepada para relawan ini dilakukan secara bertahap.

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy, Fadlyana, mengungkapkan kloter 1 terdapat 110 orang relawan yang disuntik vaksin tersebut pada 11-15 Agustus.

"(Total peserta uji klinis kloter pertama adalah) 110 (relawan), (mereka) tidak ada keluhan," kata Eddy saat  dihubungi Senin (24/8/2020).

Meski tidak ada keluhan kesehatan yang spesifik, Eddy belum bisa memastikan apa efek vaksin ini terhadap tubuh manusia yang menerimanya.

"Baru besok dikumpulkan data-data," ujarnya.

Baca juga: Jokowi: Pemerintah Siapkan 290 Juta Dosis Vaksin Covid-19 hingga 2021

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 21 Agustus 2020, ada relawan yang mengaku mengalami pusing, ada juga seorang relawan yang menyebut nafsu makannya meningkat setelah menerima suntikan calon vaksin Covid-19 itu.

Namun, Eddy menyebut hal itu sebagai respons pribadi dari relawan, yang bisa saja ditentukan oleh banyak faktor.

Tambah 150 relawan akan disuntik

Untuk kloter kedua uji klinis calon vaksin Covid-19 dari China ini akan dimulai pada Jumat (28/8/2020).

"Besok baru skrining dulu, Jumat penyuntikan," ungkap Eddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X