India Lakukan Tes Covid-19 Satu Juta per Hari, Bagaimana Metodenya?

Kompas.com - 24/08/2020, 14:36 WIB
Ilustrasi tes Covid-19, deteksi Covid-19, pengujian virus corona. ShutterstockIlustrasi tes Covid-19, deteksi Covid-19, pengujian virus corona.

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan India pada Sabtu (22/8/2020) telah mengumumkan kemampuannya untuk melakukan satu juta tes Covid-19 dalam sehari.

"India melewati tonggak satu juta tes Covid-19 sehari. Lebih dari 10 lakh (1 lakh sama dengan 100.000) orang diuji dalam 24 jam terakhir," kata kementerian itu, dikutip dari Live Mint, 22 Agustus 2020.

Selain klaim kemampuan satu juta tes Covid-19, dalam 21 hari terakhir, jumlah kasus sembuh juga disebut-sebut meningkat 100 persen di India.

Hingga saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di negara itu sebesar 2,3 juta orang atau sekitar 75 persen.

"Identifikasi awal melalui pengujian, pengobatan yang cepat dan efektif, isolasi rumah yang diawasi secara ketat, dan perawatan medis berkualitas dan langkah-langkah kebijakan inovatif telah menghasilkan hampir 100 persen peningkatan kasus yang pulih dalam 21 hari terakhir," jelas dia.

Sementara itu, case fatality rate (CFR) di India terus menurun dan saat ini berada pada 1,89 persen.

Jumlah kasus virus corona di negara itu mencapai 3,1 juta infeksi dengan kasus aktif sebesar 710.621 dan 57.692 kasus meninggal.

Baca juga: Kasus Covid-19 India Sentuh Angka 3 Juta, Berikut 10 Negara di Asia dengan Kasus Tertinggi

Jenis tes

Salah satu jenis tes yang paling umum digunakan secara global adalah tes PCR (polymerase chain reaction) yang mengisolasi materi genetik dari sampel swab.

Tes PCR sejauh ini dianggap sebagai pengujian standar Covid-19. Namun, tes tersebut membutuhkan biaya mahal dan memerlukan waktu hingga delapan jam untuk memproses sampel.

Untuk menghasilkan suatu hasil bisa memakan waktu hingga satu hari, tergantung pada waktu yang dibutuhkan untuk mengangkut sampel ke laboratorium.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X