Direktur CDC: AS Akan Hadapi Bencana Kesehatan Terburuk dalam Sejarah, jika...

Kompas.com - 15/08/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi: seroang perempuan mengenakan masker di Manhattan, New York, AS. Shutterstock/Ivan MarcIlustrasi: seroang perempuan mengenakan masker di Manhattan, New York, AS.

KOMPAS.com - Amerika Serikat disebut akan menghadapi bencana kesehatan terburuk dalam sejarah.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( CDC) AS Dr Robert Redfield mengatakan, hal itu akan terjadi jika masyarakat tidak mengikuti langkah-langkah pencegahan virus corona.

Oleh karena itu, dia berharap agar warga selalu melakukan empat hal yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

"Saya tidak meminta beberapa orang Amerika untuk melakukannya, tapi kita semua harus melakukannya," kata dia, dilansir dari Huffpost, Kamis (13/8/2020).

"Tapi jika kita tidak melakukan itu, seperti yang saya katakan April 2020 lalu, ini bisa menjadi penurunan terburuk, dari perspektif kesehatan masyarakat, yang pernah kita alami," lanjut dia.

Presiden Donald Trump sebelumnya telah menolak seruan untuk mengeluarkan mandat penggunaan masker secara nasional.

Baca juga: Facebook Hapus Unggahan Trump karena Dianggap Misinformasi soal Virus Corona

Sebaliknya, ia justru menyerahkan keputusan itu kepada masing-masing negara bagian.

Peringatan Redfield itu karena mempertimbangkan musim flu yang akan datang dan berpotensi menggandakan kebutuhan tempat tidur di rumah sakit seluruh AS.

"Kita akan terkena Covid-19 dan terserang flu pada musim gugur. Dengan vaksinasi, Anda dapat melindungi anak-anak Anda," jelas dia.

Situs CDC menyarankan agar orang-orang mendapatkan vaksinasi pada September atau Oktober, terutama mereka yang memiliki risiko komplikasi serius.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X