Korban Selamat Kecelakaan Pesawat Air India Express: Saya Tak Ingin Terbang Lagi...

Kompas.com - 09/08/2020, 15:05 WIB
Puing-puing pesawat Air India Express 1344 yang jatuh di Bandara Kozhikode, Negara Bagian Kerala, India, Jumat (7/8/2020). Pesawat tergelincir keluar landasan saat mendarat karena hujan badai, dan patah jadi dua. AP/CK THANSEERPuing-puing pesawat Air India Express 1344 yang jatuh di Bandara Kozhikode, Negara Bagian Kerala, India, Jumat (7/8/2020). Pesawat tergelincir keluar landasan saat mendarat karena hujan badai, dan patah jadi dua.

KOMPAS.com - Muhammad Junaid (25) merasakan ada sesuatu yang salah ketika pesawat yang ditumpanginya tersentak oleh angin kencang saat mendekati Kota Kozhikode, India bagian selatan, Jumat (7/8/2020).

Junaid merupakan penumpang Air India Express penerbangan IX 1344 dari Dubai dan duduk di baris belakang pesawat.

Setelah upaya untuk mengatasi masalah itu gagal, pesawat kemudian berputar dan mendarat di landasan pacu.

Alih-alih melambat, pesawat itu tampaknya menambah kecepatan hingga melampaui landasan pacu yang licin oleh hujan lebat.

Pesawat Boeing-737 itu pun meluncur ke dalam lereng tajam dan pecah menjadi dua bagian.

"Semua itu terjadi dalam 15 detik," kata Junaid, dikutip dari Reuters, Sabtu (8/8/2020).

Baca juga: Terlambat 5 Menit, Nyawa Pria Ini Terselamatkan dari Insiden Air India Express

Pejabat setempat mengatakan, sebanyak 18 dari 190 penumpang dan awak pesawat dilaporkan meninggal dunia.

Kecelakaan pesawat ini menjadi yang terburuk di India sejak 2010 silam.

Namun, Junaid dan beberapa penumpang lainnya yang duduk di bagian belakang pesawat hampir tanpa mengalami cedera dan berjalan menuju Bandara Internasional Calicut, dekat Kota Kozhikode.

"Hanya kepala yang sakit karena terbentur langit-langi dan bibir sedikit berdarah setelah menggigitnya. Tak ada lagi yang terjadi pada saya, alhamdulillah," tutur Junaid.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X