Saat Penduduk Lebanon Bersatu Bersihkan Jalanan Pasca-ledakan...

Kompas.com - 06/08/2020, 20:05 WIB
Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi seorang yang terluka dari tempat ledakan di kawasan pelabuhan di Beirut, Ibu Kota Lebanon, Selasa (4/8/2020). Sebanyak 73 orang tewas dan ribuan lainnya dilaporkan terluka dari insiden dua ledakan besar yang mengguncang Beirut tersebut. AFP/ANWAR AMROPetugas pemadam kebakaran mengevakuasi seorang yang terluka dari tempat ledakan di kawasan pelabuhan di Beirut, Ibu Kota Lebanon, Selasa (4/8/2020). Sebanyak 73 orang tewas dan ribuan lainnya dilaporkan terluka dari insiden dua ledakan besar yang mengguncang Beirut tersebut.

KOMPAS.com - Ratusan pemuda Lebanon membuang dan membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan setelah ledakan dahsyat pada Selasa (4/8/2020) petang.

Mereka melakukan hal tersebut karena tidak adanya operasi pembersihan yang diinisiasi oleh negara usai ledakan.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (6/8/2020), seorang warga Lebanon bahkan menyindir negaranya soal perhatian terhadap warganya.

"Negara apa?" ejek Melisa Fadlallah sembari membersihkan puing-puing di distrik Mar Mikhail, daerah yang paling terpukul akibat ledakan.

Baca juga: Sekitar 300.000 Orang Kehilangan Rumah, Ini Kisah Korban Ledakan Lebanon

Ledakan tersebut menimpa wilayah yang berjarak dekat dengan pelabuhan di Beirut dan meledakkan semua jendela dan pintu bar, restoran dan rumah serta apartemen.

Pada Rabu (5/8/2020), operasi pembersihan spontan dilakukan di sana, secercah solidaritas dan harapan mulai muncul setelah malam yang menghancurkan.

Dengan menggunakan sarung tangan plastik dan masker, Fadlallah melemparkan pecahan kaca sepanjang lengannya ke pintu gedung administrasi perusahaan listrik negara yang menjulang di atas distrik.

"Bagi saya, negara bagian ini adalah tempat pembuangan, dan atas nama para korban kemarin, tempat pembuangan yang membunuh mereka akan tetap menjadi tempat pembuangan," katanya kepada AFP.

Baca juga: Ledakan Lebanon dan Update Terkininya...

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X