Kasus Corona Meningkat, Hong Kong Kewalahan Hadapi Lonjakan Pasien

Kompas.com - 29/07/2020, 15:40 WIB
Sejumlah warga mengenakan masker di jalanan Hong Kong. Pemakaian masker kini diwajibkan di seluruh ruang publik. Foto diambil 24 Juli 2020. Yung Chi Wai Derek / Shutterstock.comSejumlah warga mengenakan masker di jalanan Hong Kong. Pemakaian masker kini diwajibkan di seluruh ruang publik. Foto diambil 24 Juli 2020.

KOMPAS.com - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam telah memperingatkan bahwa sistem rumah sakit kota itu dapat kewalahan karena menghadapi peningkatan tajam kasus-kasus virus corona.

Dia mengatakan Hong Kong berada di ambang wabah peyebaran skala besar, dan mendesak semua orang untuk tetap tinggal di rumah.

Melansir BBC, Rabu (29/7/2020), peraturan baru kini diterapkan, termasuk kewajiban pemakaian masker dan larangan makan di restoran.

Hong Kong yang sebelumnya sukses melawan Covid-19 kini secara rutin melaporkan lebih dari 100 kasus baru tiap harinya.

Padahal, kurang dari sebulan yang lalu, rata-rata penambahan jumlah kasus harian di Hong Kong hanya di bawah 10 kasus.

Rumah sakit kewalahan

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa, (28/7/2020) malam, Lam memperingatkan bahwa sistem rumah sakit yang kewalahan karena lonjakan pasien dapat memakan korban jiwa, terutama orang tua.

Dia meminta warga Hong Kong untuk mematuhi pembatasan sosial dan tetap tinggal di rumah guna mengurangi potensi penyebaran virus corona.

Pernyataan itu dia sampaikan ketika Hong Kong mengonfirmasi 106 kasus virus korona baru pada Selasa, (28/7/2020), dan melaporkan total 23 kasus kematian.

Sementara itu pada Senin, (27/7/2020) penambahan kasus harian mencatatkan rekor 145 kasus hanya dalam satu hari.

Baca juga: Saat Warga Hong Kong Alami Kelelahan Pandemi

Aturan ketat diterapkan

Mulai Rabu, (29/7/2020) sejumlah aturan ketat diterapkan di Hong Kong, antara lain warga dilarang makan di restoran, dan hanya dua orang dari rumah tangga yang berbeda dapat bertemu.

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X