Berapa Lama Daging Kurban Bisa Disimpan dan Aman Dikonsumsi Lagi? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 29/07/2020, 12:11 WIB
Warga menata daging kurban diatas daun pisang dan daun jati di Blitar, Jawa Timur, Minggu (11/8/2019). Sejumlah warga dan instansi didaerah tersebut memanfaatkan dedaunan dan wadah dari anyaman bambu (besek) untuk membungkus daging kurban yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meminimalisir penggunaan plastik (diet plastik). ANTARA FOTO/IRFAN ANSHORIWarga menata daging kurban diatas daun pisang dan daun jati di Blitar, Jawa Timur, Minggu (11/8/2019). Sejumlah warga dan instansi didaerah tersebut memanfaatkan dedaunan dan wadah dari anyaman bambu (besek) untuk membungkus daging kurban yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meminimalisir penggunaan plastik (diet plastik).
Penulis Jihad Akbar
|

KOMPAS.com - Pada perayaan hari raya Idul Adha ada satu hal tak terlepas, yakni keberadaan daging kurban.

Banyak masyarakat mendapatkan daging dari orang yang melaksanakan ibadah kurban, baik daging sapi maupun daging kambing.

Terkadang, tak semua masyarakat dapat langsung menghabiskan jatah daging kurban yang diterima dalam sekali masak.

Menyimpan sisa daging kurban yang didapatkan menjadi pilihan masyarakat.

Namun, berapa lama daging sapi maupun kambing kurban disimpan agar tetap aman dikonsumsi? 

Dokter spesialis gizi, dr Raissa Edwina Djuanda, mengungkapkan daging kurban bisa disimpan selama dua hingga tiga bulan dan aman dikonsumi.

Akan tetapi, dengan catatan, penyimpanan dilakukan di dalam lemari pembeku atau freezer.

"Jika ingin lebih lama (menyimpan), dapat masukkan ke dalam freezer. Dalam freezer dapat disimpan hingga dua sampai tiga bulan," ungkap dr Raissa saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/7). 

Baca juga: Ini Panduan Penyembelihan Hewan Kurban yang Aman dari Covid-19

Ia mengingatkan penyimpanan di dalam freezer berbeda dengan di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Waktu penyimpanan daging di dalam kulkas, kata dr Raissa, agar tetap aman dikonsumi hanyalah rentang satu hingga dua hari saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X