Trending di Twitter, Berikut Sekilas tentang Gunung Lawu dan Empat Jalur Pendakiannya

Kompas.com - 25/07/2020, 18:20 WIB
Fenomena Gunung Lawu bertopi awan kembali terjadi pad Kamis pagi. Sejak pukul 05:00 WIB warga Magetan dan sekitarnya bisa melihat pemandangan yang indah saat awan berbentuk topi menaungu Puncak Gunugn Lawu. KOMPAS.COM/SUKOCOFenomena Gunung Lawu bertopi awan kembali terjadi pad Kamis pagi. Sejak pukul 05:00 WIB warga Magetan dan sekitarnya bisa melihat pemandangan yang indah saat awan berbentuk topi menaungu Puncak Gunugn Lawu.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Gunung Lawu menduduki daftar trending di media sosial Twitter pada Sabtu (25/7/2020).

Gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menjadi salah satu gunung favorit para pendaki. 

Selain faktor keindahan alamnya, kemudahan akses juga menjadi alasan lainnya.

Baca juga: Gunung Merapi Disebut Alami Penggembungan, Berikut Analisis BPPTKG

Di sekitar lereng gunung yang berketinggian 3.265 mdp tersebut terdapat pula situs-situs bersejarah seperti candi. Selain itu, juga terdapat sejumlah air terjun hingga tempat wisata alam yang menjadi primadona para wisatawan.

Sebagaimana diketahui, pendakian gunung Lawu sudah dibuka sejak 25 Juni 2020, setelah sebelumnya ditutup guna mencegah penyebaran Covid-19.

Diketahui terdapat empat jalur pendakuan di Gunung Lawu yang sudah dibuka yakni Cemoro Kandang dan Candi Cetho di Jawa Tengah serta Cemoro Sewu dan Singolangu di Jawa Timur.

Baca juga: Erupsi Merapi dan Sejarah Letusannya...

Berikut sekilas empat jalur pendakian di Gunung Lawu:

1. Cemoro Sewu

Willem Sigar Tasiam (58) siap-siap mendaki Gunung Lawu melalui jalur pendakian Cemoro Sewu, Jawa Timur, Jumat (13/5/2016) sore. KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Willem Sigar Tasiam (58) siap-siap mendaki Gunung Lawu melalui jalur pendakian Cemoro Sewu, Jawa Timur, Jumat (13/5/2016) sore.

Jalur ini merupakan salah satu jalur favorit bagi para pendaki Gunung Lawu. Lokasinya berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Akses Cemoro Sewu sangat mudah ditemui lantaran berada persis di samping jalan utama Karanganyar-Magetan.

Jalur melalui Cemoro Sewu memiliki lima pos pendakian. Secara keseluruhan, kondisi jalur Cemoro Sewu terdiri dari batu-batu yang sudah tertata.

Baca juga: Ramai soal Video Berjubelnya Para Pendaki di Gunung Lawu, Ini Penjelasannya...

Kemungkinan karena itulah, Cemoro Sewu menjadi jalur yang sering dilalui dan menjadi favorit bagi para pendaki Gunung Lawu.

Lantaran medannya yang terus menanjak, Cemoro Sewu menjadi jalur pendakian Gunung Lawu dengan rute tercepat sampai puncak Hargo Dumilah.

Jika kamu mendaki lewat Cemoro Sewu maka akan disuguhkan dengan pemandangan indah ke arah selatan berupa hamparan Bukit Mongkrang dan Lawu Selatan. Pemandangan ini akan tersaji jika kamu hendak sampai di Pos IV.

Baca juga: Ramai soal Video Berjubelnya Para Pendaki di Gunung Lawu, Ini Penjelasannya...

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X