Diklaim Memuaskan, Seperti Apa Vaksin Corona Universitas Oxford?

Kompas.com - 22/07/2020, 06:05 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Penelitian vaksin virus corona yang dilakukan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca disebut-sebut menuai hasil yang positif dan menggembirakan. 

Sebab kandidat vaksin tersebut diklaim memicu respons kekebalan terhadap Covid-19 pada peserta studi, dan hanya memiliki efek samping kecil, menurut data baru yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet .

Dikutip dari npr.org, vaksin yang disebut AZD1222 ini dikembangkan menggunakan virus yang berbeda dan tidak berbahaya untuk memberikan instruksi biologis tentang cara melawan virus corona.

Menurut penelitian fase satu/fase dua yang melibatkan lebih dari 1.000 pasien, vaksin memicu dua respons imun: peningkatan antibodi dan respons sel-T.

Kondisi ini menurut para ilmuwan adalah pertanda baik.

"Sejauh ini, semua yang kami lihat sangat menggembirakan," kata Naor Bar-Zeev, wakil direktur Pusat Akses Vaksin Internasional di Universitas Johns Hopkins.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari India Times, Senin (20/7/2020), selanjutnya perusahaan akan mengumumkan hasil terobosan vaksin tersebut dalam waktu dekat. Hasil tersebut nantinya akan menunjukkan efek apa yang terjadi dari vaksin ini.

Dalam prosesnya, vaksin ini  baru akan diproduksi dalam jumlah banyak ketika hasil tahap uji coba terakhir yang tengah dilakukan menunjukkan hasil yang positif.

Profesor Vaksinologi di University of Oxford, Sarah Gilbert yang ikut mengembangkan vaksin ini dari awal merasa sangat yakin pada produk vaksin yang mereka kembangkan.

Vaksin Oxford 80 persen diyakini berpotensi ampuh menghentikan orang dari terpapar virus corona.

Baca juga: Dua Vaksin Corona Tunjukkan Hasil Menjanjikan, Selanjutnya Bagaimana?

 

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X